31 December 2008

Cupcakes Coklat


Resep Sedap sekejap , belum ada cetakan muffin cetakan agar2 pun jadi dech, yang ini memang mau kuhias fondant..

23 December 2008

Lasagna




Inilah percobaan pertamaku membuat Lasagna, resep ini kutemukan di Majalah Femina terbitan lama.

Brownies



Aku sudah beberapa kali mencoba resep brownies, bagiku resep yang kudapatkan dari majalah sedap sekejap ini sangat ok untukku , hanya untuk gula aku kurangi 50 gram dari resep yg tercantum, soalnya masih terlalu manis untukku.

22 December 2008

Baracuda masak kecap

Disini di Langkawi, yang namanya ikan Baracuda mudah ditemui dipasar tradisional
so... karena penasaran ingin mencoba rasa dari ikat tersebut aku beli 1 Kg, sebetulnya 1 ekor ada kira2 3 Kg lebih, dan mesti beli 1 ekor untunglah ada pembeli yang lain jadi kita bisa share seorang dapat 1 kg sudah termasuk di Fillet harga perkilo 9 Ringgit.
untuk Baracuda ini, seperti halnya kalau aku masak ikan mujair or ikan mas di Bandung,

selalunya bumbu awal untuk menggoreng ikan adalah :
- bawang putih
- lengkuas
- jahe
- dan garam secupnya, semuanya dihaluskan, lalu lumuri ikan dengan bumbu halus tersebut diamkan setengah jam biar bumbu meresap betul.
Karena malas bikin sambal, ga punya cobek disini heeheeh ( diblender kurang mantap kalo bikin sambal )setelah digoreng aku tumis bumbu lagi :
- bawang merah
- bawang putih
- tomat
- irisan cabe
- masukkan kecap manis sedikit, garam sedikit, saus sambal sedkit juga, terus masukkan baracuda yang sudah digoreng tambahkan air hangat sedikit masak sebentar sampai bumbu meresap.- angkat , hidangkan dengan nasi hangat hmmmm lezat juga ternyata

Nasgor bumbu sambal plus udang


Ada sisa sambal, udang pun tinggal 5 biji digoreng sebentar. Jadi ya tinggal tumis lagi sisa sambal tersebut tambahkan kecap sedikit, masukkan udang dan nasi tambahkan garam sedikit, masak sampai panas. Jadi dechhhhhh


Ambil satu butir telur lalu kocok tambahkan garam sedikit, dadar tipis di wajan yang telah dilumuri margarin setelah matang angkat, iris2 hidangkan bersama nasi goreng tadi.

Balado Terung Udang dan petai


Tadinya pingin terung bumbu gulai, dan udang goreng tapi dipikir lagi ambil praktisnya aja ( penghalusan kata dari rada2 males masak hehehehh ) mending di gabung aja, apalagi ada sisa petai dikit, kasihan juga di kulkas ga ada temennya diajak gabung sekalian

Bahan :
2 buah terong ungu ukuran kecil
150 gram udang ukuran sedang
petai seadanya
Bumbu Yang dihaluskan :
3 buah cabe merah ukuran besar
4 siung bawang merah besar
1 siung bawang putih
1/2 buah tomat
garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Belah terong memanjang, rendam dalam air garam sebentar
2. Goreng terong sampai kecoklatan
3. Goreng udang sebentar
4.Tumis bumbu sampai matang tambah air hangat sedikit, masukkan terung, udang dan petai masak sebentar sampai bumbu agak meresap
5. Angkat
6. Ambil nasi secukupnya buat perut anda, wilujeung tuang

Ayam bumbu sambal




Niatnya sih mau makan sama ayam goreng , sambal dan tumis kangkung. Jadi ayamnya sudah kurebus sebentar dengan

Bumbu yang dihaluskan :
- Bawang putih
- 1 iris jahe
- Lengkuasnya yang agak banyak
- Garam secukupnya
Sambal :
- 3 buah cabe merah besar
- 4 buah butir bawang merah besar
- 1 siung bawang putih
- ½ sdt terasi
- ½ buah tomat merah yang besar
- Gula dan garam secukupnya

Tapi... ketika ayam sudah dingin dan selesai digoreng, ternyata aku berubah pikiran soalnya sambalnya kepedasan.So... Sambal yang sudah siap tadi, aku tambahkan kecap manis dan air panas sedikit, lalu masukkan ayamnya masak sebentar sampai bumbu meresap. Jadi dechhhh

Tumis Buncis Tahu Dan Udang




Tumis Buncis Tahu Dan Udang

Rasanya ngga bisa makan tanpa ada sayuran, so tumis buncis ini sebagai teman dari Bawal yang dimasak kecap.



Bahan :
- 8 Buah Buncis potong2 sesuai selera
- 3 Buah Udang besar potong2
- 2 Buah Tahu potong dadu
- Paprika hijau secukupnya, potong dadu
- 1 Siung Bawang putih
- 2 Buah bawang merah ukuran besar
- ½ buah tomat
- Garam dan gula putih secukupnya

Cara Membuat :
- Goreng tahu setengah matang, sisihkan
- Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum
- Masukkan udang, tumis sebentar masukkan paprika dan tomat
- Masukkan potongan buncis, masak sebentar
- Masukkan tahu yang telah digoreng
- Tambahkan air hangat 1 sd sayur
- Tambahkan garam, merica bubuk dan gula- Masak sebentar sampai bumbu meresap- Angkat, sajikan

Bawal Masak kecap


Ada tetangga yang baru kembali dari Indonesia ( Medan ) memberiku oleh2 Kecap manis ABC. Alhamdulillah, senangnya minta ampun. Soalnya di sini aku sudah coba beberapa merek kecap, tapi belum menemukan yang cocok dengan seleraku, kalau di Bandung biasa menggunakan kecap Bango.
Nah... jadilah aku masak Bawal goreng kecap.Waktu ke pasar kebetulan lagi ada bawal hitam besar, ukuran ½ kg, seperti biasa aku selalu minta di fillet.Jadi ngga heran kalau bentuk bawalnya tak terlihat.
Bawal Goreng Masak Kecap
Bahan :
1 Buah Bawal hitam ukuran besar, cuci bersih lumuri jeruk nipis diamkan 15 menit
Cuci kembali, lumuri dengan bumbu yang dihaluskan, 1 ruas jahe, 1 siung bawang putih dan garam secukupnya, biarkan meresep selama ½ jam
Goreng setengah kering

Bumbu :
1 sdm saus tomat
1 sdm kecap manis

Bumbu yang diiris :
1 siung bawang putih2 buah bawang merah
1 buah cabe merah
½ buah tomat

Cara Membuat :

Tumis irisan bumbu , masukkan bawal yang sudah digoreng,tambahkan 1 sdm saus tomat dan 1 sdm kecap manis, tambahkan air hangat 1 sendok sayur
Tambahkan gula dan garam secukupnya
Masak biarkan bumbu meresap

Tumis Kacang panjang Sawi dan Udang

Aku memanag doyan sayuran, jadi masakanku ga jauh2 dari sayur

Gudeg a'la daku




Bukan gudeg macam Yogya, yg ini munkin pantesnya dibilang sayur ayam nangka, soalnya porsi ayam lebih banyak ketimbang nangka mudanya :-)

Cumi Asam Manis



Asam, manis segar...  sesuai namaya, masakan ini memang simple dech tapi hasilnya nyuss..  rasa pedas dari campuran cabe hijau dan merah yg di potong2, segar dari saus tomat ( homemade) dan rasa manis dari kecap manis.

Cara Memasak nya gampang saja, berssihkan cumi basah, buang juga tinta nya, lumuri dengan jeruk nipis sebentar sisihkan.
Sementara itu,  Siapkan :
Bawang bombay cincang
Bawang putih geprek
Bawang merah iris tips
lengkuas geprek
Cabe merah potong serong
Cabe hijau potong serong
Saus tomat
garam
kecap
dan minyak untuk menumis

Cara membuat :
1. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bawang bombay, merah dan putih , tumis sampai wangi.
2. Masukkan cumi yg seudah dibersihkan aduk2 sampai rata
3. Tambahkan potongan cabe, lengkuas,saus tomat,  garam dan kecap aduk rata.
4. Tutup wajan biarkan cumi masak, dan air yg keluar dari cumi asat.

catatan:
Tidak perlu tambahan air untuk memasak cumi ini, sebab saat memasak air akan keluar dari cumi itu sendiri.

Nasi goreng

buat makan siang aku buat yang simple aja, nasi goreng dicampur buncis dan wortel yang dipotong kecil2, masih ada sisa cumi digoreng kering balut tepung, buat temennya nasgor ini cruncy.

Sweet Chocolate Nut ( coklat Kacang )

Hmmmm....Cookies lagi ! simple tapi enak tenannnn

Saat di Bandung coookies ini menjadi  favorit tamu dan anak-anak disaat lebaran dan juga jualan.
Bikinnya mudah saja semudah habisnya, Nogat atau cokelat kacang ini bisa dibuat kapanpun saat kita menginginkan cemilan yg mudah, cepat dan enak.

Pilih coklet bubuk yg berkualitas, kadang yg beli dipasar yg sudah di bungkus plastik 100 gr an itu hasilnya kurang enak.
Sweet Chocolate Nut ( Coklat Kacang / nogat cokelat )

Bahan
500 gram kacang tanah, disangrai atau dipanggang sebentar,kemudian kupas kulitnya
50 gram cokelat bubuk (Van Houten )
2 butir telur
200 gram gula halus
1 sdm maizena
50 gram coklat blok warna merah atau putih , dicairkan untuk hiasan.

Cara Membuat

1. Dalam mangkuk adonan, masukkan telur, kocok lepas dengan balon whisk, tambahkan gula halus dan coklat bubuk, kacang tanah dan maizena aduk rata dengan spatula
2.Set oven dengan suhu 150/160 derajat,
3.Siapkan loyang yg sudah dialas baking paper, sendokkan adonan diatasnya dengan bantuan dua sendok kecil
4. Bakar dalam oven sampai matang, sekitaran 20-25 menit, cek bagian bawahnya jika diangkat adonan cookies sudah tidak melekat, angkat, kemudian biarkan beberapa saat jangan dipaksa dilepas agar cookies bagian bawahnya mulus.

Mede Cookie





Belakangan ini Langkawi hampir tiap hari hujan, bawaannya lapar , buka resep Sedap sekejap jadul, hanya ada sedikit yang dirubah menyesuaikan bahan yang ada, terus hanya beli kacang mede saja. Kue ini cocok untuk camilan/teman minum teh




Bahan :
250 gram margarin

225 gram brown sugar

2 kuning telur

¼ sdt baking fowder

80 gram kacang mede, sangrai, haluskan

300 gram tepung terigu



Cara Membuat :

Kocok margarin dan brown sugar sampai rata, masukkan telur, kocok lembut

Masukkan kacang mede halus

Masukkan terigu dan bp aduk rata

Ambil selembar plastik, gulung adonan, masukkan Freezer sampai beku

Potong2 adonan

Bakar dalam Oven suhu 160 derajat selama 30 menit




Fruits salad Sus





Berhubung kurang menyukai Vla or cream sebagai isi dari sus, juga ini dibuat untuk kosumsi sendiri, bukan untuk pesanan snack, selebihnya dikirim ke tetangga. kebetulan sekali ada beberapa buah yg mau diajak kompromi untuk isinya. Hasilnya hmmm asam2 segar


Kue Sus


Bahan :

225 ml air
50 gr margarine
50 gr salted butter
125 gr terigu
4 butir telur

Cara Membuat :
Didihkan air, butter dan margarin
Masukkan terigu aduk-aduk sampai adonan licin
Setelah dingin masukkan telur satu persatu sambil dikocok
Cetak menggunakan spuit
Bakar suhu 180 derajat sampai kue berubah kuning kecoklatan

Fruits Salad :
1 Buah Pear potong kotak kecil
1 Buah Apel Malang potong kotak kecil
2 Buah Kiwi
1/2 dragon fruit
2 Sdm Saus salad, aduk rata
Penyajian :

Potong kue sus tidak sampai putus
Masukkan Fruits salad
Hidangkan segera

Orange Hazel Chocolate





Orange Hazel Chocolate

Bahan :
400 gram cooking chocolate
100 gram unsalted butter
100 ml whipping cream
80 gram hazelnut
Parutan kulit orange dari 2 buah orange
Cara membuat :
Cairkan chocolate, butter dan whipping cream diatas api
Setelah cair masukkan parutan kulit jeruk dan hazelnut
Tuang adonan coklat secukupnya, susun biscuitnya
Lakukan terus dengan adonan yg tersisa secara selang seling
Biarkan dingin masukan ke lemari es
Setelah beku siap dipotong dan dihidangkan

Spring roll tuna pedas





Kepinginnya sih bikit keroket, tapi berhubung tak ada buncis dan bihun, juga malas bikin kulit keroketnya, jadi aku buat sesuai bahan yg ada saja, sambil coba2 pakai ikan tuna pedas...hmmm ternyata maknyuss juga.
Bahan Isi :
½ kaleng Tuna pedas
butir telur rebus potong kecil
100 gr kentang potong kotak kecil tipis
1 buah wortel ukuran sedang
Bawang bombay secukupnya iris kecil
siung bawang putih iris halusMerica dan garam secukupnya


Cara Membuat isi :
Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harumMasukkan irisan kentang dan wortel aduk sampai agak layu, masukkan air hangat sedikit.
Masukkan tuna kaleng aduk – aduk
Masukkan irisan telur rebus
Tambahkan merica dan garam, aduk sampai air asat
Dinginkan


Bahan Kulit : Aku pakai kulit spring roll yg dijual di supermarket
Cara Membuat :
Ambil 1 lembar kulit spring roll, masukkan 1 sdm adonan
Bentuk amplop
Goreng dalam minyak panas api sedang hingga matang kecoklatan
Sajikan dengan sambal saus atau cabe rawit

Bolu kukus Pelangi






Bolu kukus adalah favoritku dari semenjak alm ibuku mengenalkannya pertama kali, Bolu kukus yang ini lembut rasa ringan dilidah tapi bikin mau dan mau lagi.

Kalau di Bandung rasanya sering banget bikin bolkus ini, kalau ada acara keluarga aku suka bawakan sebagai buah tangan yg sudah diiris2 dan dibungkus plastik. Juga beberapa kali pesanan untuk snack. Pokoknya ngga akan malu-maluin dech

Resepnya kudapatkan dari kakakku

Bolu Kukus Pelangi

Bahan :


• Gula pasir 250 gr
• Terigu 200 gr
• Telur 5 butir
• Santan 1 cup ( aku pake kara yang dicampur 2 sdm air panas )
• Ovalet 1 sdt
• Garam, vanelli secukupnya
• Pewarna merah dan hijau secukupnya

Cara Membuat :

• Masukkan telur, gula pasir, garam dan ovalet kocok sampai mengental, sementara mengocok panaskan dandang.
• Masukkan vanelli dan terigu aduk sampai rata menggunakan spatula
• Terakhir masukkan santan
• Bagi menjadi 3 adonan, adonan putih, merah dan hijau
• Siapkan loyang, lapisi kertas yang dioles mentega. (aku adanya loyang loaf jadi cukup untuk 2 loyang )
• Masukkan 3 sd sayur warna merah, kukus 8 menit, masukkan lagi 3 sd sayur adonan warna putih kukus lagi 8 menit, terakhir masukkan adonan warna hijau 3 sd sayur kukus 20 menit / sampai matang

21 December 2008

Banana cheese cake



Pisang yang kubeli 2 hari lalu, baru termakan 2 buah sedikit khawatir kalau Banana Cheese Cake


Bahan :

5 butir telur200 gram gula pasir
200 gram tepung terigu
8 buah pisang mini
100 gram keju parut
125 gram margarin dicairkan
½ sdt Bp

Cara Membuat :
  1. Kocok telur dan gula sampai mengembang
  2. Masukkan tepung terigu yang telah diayak dengan Bp
  3. Masukkan parutan keju, aduk rata
  4. Masukkan pisang yang telah dihaluskan
  5. Terakhir masukkan margarin, aduk rata
  6. Masukkan pada cetakan yang telah diolesi margarin dan ditaburi terigu
  7. Bakar 170 derajat selama 35 menit
Note : Setelah dicoba, ternyata setelah jadi cake rasa pisangnya sedikit asam seperti pisang nangka.

Orange Cake



Kalau tak salah aku dapat resep ini dari majalah sedap sekejap. Lumayan juga 'enaknya' dan 'eneugnya' so.. selai untuk hiasannya tak jadi kusiram diatas cake.


Orange Cake
Bahan :
175 gram mentega
150 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdm parutan kulit jeruk sunkis
150 gram tepung terigu20 gram susu bubuk
50 gram almon bubuk
50 ml krim kental ( bisa diganti susu cair ). Tapi aku pakai whipping cream
Bahan Hiasan :
50 gram jus jeruk ( siap pakai )
2 sdm gula pasir3 buah gula kubus, dicincang kasar. ( aku ga pake )


Cara membuat :

1. Oles Loyang loaf 12x22 cm dengan margarin lalu alasi dengan kertas roti
2. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok.
3. Masukkan kulit jeruk sunkis, aduk rata
4. Tambahkan tepung dan susu sambil diayak, masukan juga almon bubuk dan krim kental. Aduk rata
5. Tuang adonan keloyang lalu oven selama 35 menit dengan suhu 160 derajat celcius, sementara itu rebus jus jeruk dan gula pasir hingg kental. Sisihkan. ( disisramkan keatas cake setelah dingin ) aku ga pake .

Cookies Lebaran





Sebagian Cookies pesanan lebaran kemarin yg sempat kuambil gambarnya.
Inilah andalanku Mede cookie, lidah kucing, sweet choclate nut, Nastar , bangket jahe dan semprit klasik.

20 December 2008

Baso Tahu



Di Bandung.......tak ada alasan untuk bikin baso tahu sendiri, secara makanan ini sangat mudah untuk ditemui. tapi kalau bikin sendiripun di tempatku rada susah mu ketemu ikan tenggiri.

Tapi disini di langkawi, yang namanya ikan gampang dicari, emang dekat laut hehheheh

So...setelah hunting di internet akhirnya kutemukan juga resepnya, tapi itu dia lupa sumbernya. Maaf dech...dan inilah hasilnya :-) lumayan bisa mengobati kekangenanku pada Bandung, surganya jajanan.

Fettucini Saus putih


Saos putih, dengan tomat dan jamur segar....hmm sensasi Fettucini yg ok buatku.

Pizza



Ternyata, membuat Pizza tidak sulit. Untuk saos pun bisa kumasak sebelumya, yg kubuat sendiri dari tomat segar yg di juice dimasak sampai kental, bawang putih yg ditumis, gula, garam dan oregano. Saos ini bisa juga digunakan untuk spagetti.


Untuk kulit Pizza aku bisa buat adonan lebih yg bisa kugunakan dilain hari, tapi dibakar setenga matang, simpan di lemari es.


Nah...berhubung tak ada cetakan Pizza, jadi aku buat di loyang Pie yg kubalik.