27 November 2009

23 November 2009

Salad Udang Ala Thai



Untuk pertama kalinya ikutan Masak Bareng, tema untuk bulan ini masakan indonesia berbahan udang, kebetulan disini dekat ke laut udang berbagai jenis mudah ditemui.

Biasanya sih masak udang kalau ngga dipepes, dibumbu merah atau hanya goreng mentega.
Kali ini kebetulan di tabloid SEDAP versi Malaysia nya, ada resep salad udang, ya sudah dicoba saja hasilnya memang enak asam seger karena ada irisan mangganya juga, bisa jadi menu andalan nih :-)

Aku coba setengah resep saja.




Salad udang Ala Thai

Bahan :
500 gram udang , kupas kulit belah belakangnya
2 sdm air jeruk lemon
2 sdt jahe parut
4 siung bawang putih, cincang halus
½ sdt merica
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus :
4 siung bawang putih, cincang halus
4 sdm sos tomat
4 sdm sos cabe
½ sdt garam
3 sdm gula pasir
600 ml air
1 sdm tepung sagu larutkan dengan 1 sdm air, untuk mengentalkan
2 sdm daun ketumbar cincang
3 sdm air jeruk lemon

Bahan Pelengkap :
20 lembar kulit wantan, iris panjang dan goreng kering ( aku pakai kulit lumpia )
2 buah paprika merah
200 gr mangga muda, iris sebesar korek api
200 gr timun jepang, ambil bagian hijaunya, iris korek api
1 sdm wijen sangrai untuk taburan

Cara membuatnya :
1. Lumuri udang dan parutan jahe diamkan selama 15 menit
2. Tumis bawang putih sampai harum , masukkan udang , kecap ikan, merica, aduk sampai berubah warna. Angkat sisihkan
3 SAUS :
Rebus air, bawang putih , saus tomat dan saus cabe sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan garam dan gula pasir aduk rata.
4. Kentalkan saus dengan tepung sagu. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Masukkan daunketumbar dan air perhan lemon. Aduk rata
5. Hidangkan salad diatas wantan goreng, pelengkap dan disiram saus. Hidangkan dengan taburan wijen.

21 November 2009

Tiramisu




Udah dalam sebenarnya kepingin bikin tiramisu sejak liat di Fb di photo2nya Latbar Lampung ada Tiramisunya Mbak Iin Sidharta dah gitu Rena yg ncc Lampung juga bilang ” Enak lho teh, suamiku aja sampai kepingin lagi “, kan kepikiran terus.

tapi nyari Mascarpone nya itu yg ga dapet2, giliran bosen nyari..malah tanpa sengaja pas beli tepung buat roti, ngeliat mascarpone dan lady finger juga, Berarti jodoh buat bikin tiramisunya sudah tiba hehhehe, apalagi resep nya dah dapat, kebetulan mbak Iin baik hati banget, ngerepost resepnya.

Sudahlah kemarin bikin si Tiramisu ini, pertama sih ngocok dulu WHC no problem kaku lansung masuk kulkas sesuai instruksi, nah pas ngocok mascarpone, rada2 aneh padahal ngocok bentar aja ya ampunn pecah dech .. no Panic..yg pecah kumasukkan tupperware masukkan kulkas lom ada ide mau dibikin apa, untungnya masih ada 250 gr lagi kuputuskan tidak dikocok, jadi dikocok nya sekalian pas telur udah dingin mascarpone dimasukkan dan kocok bentar aja.

Alhamdulillah akhirnya tiramisuku jadi juga, dan rasanya hmmmmmm lembut dan nak enak-enak..

20 November 2009

Soes asinan




Gambar pertama yg diambil mengandalkan 2 cahaya lampu meja rias, gambar kedua mengandalkan penerangan alami walau ga maksimal


Laporan ke 2 dalam event Ncc soes week, idenya sih muncul begitu saja karena tiap hari makan asinan, kadang makan kerang atau ikan ditambahkan asinan terus makan empek2 kuahnya kuah dari asinan ( males biin kuah empek2 ceritanya )

Nah.. tiba2 kenapa ga bikin soes yg bahan cairnya sikuah asinan ini ya sudah dicoba saja..hmmmm kulit soesnya agak2 pedas manis ada asam2 nya.. dah kebayang aja dibikin bentuk apa, kebetulan banyak cetakan alumunium foil yg biasa buat makaroni schotel dibentuk dibagian dalamnya, niru cara bu Gemi Miranti, ternyata hasil setalah dibaking tidak mengecewakan.

yang agak sedih tuh pas ambil photo kebetulan seharian mendung, dah yakin matahari ga muncul jadi ambil alternatif lain dech.. di foto dimeja rias dengan bantuan 2 buah lampu kiri kanan yg dah nempel dari sananya :-) tapi ternyata lumayanlah... keesokan harinya...cuaca agak2 cerah masih ada kulit soes dan asinannya..coba ku photo lagi..bisa dilihat perbedaanya

15 November 2009

Puding Mangga



Berselancar ke Nova Online... nemu resep ini ya dicoba saja, walau tidak sepenuhnya mengikuti resep, maksudnya tanpa pewarna. Dan untuk gula aku kurangin.. Kombinasai puding fresh milk dan puding berisi irisan mangga, sensasi baru :-)

14 November 2009

Cheese Caramel Puding



Paling doyan caramel puuding ( dipikir2 banyak makanan yg aku doyan hehhe ) Nah di majalah Sedap edisi bulan ini, kebetulan ada resep Cheese Caramel Puding.. karena bahan2nya ada, langsung saja dicoba, hasilnya emang enak..lembut komplit dech rasa keju dan karamel


Cheese Caramel Puding
sumber majalah sedap



Bahan Karamel :
200 gr gula pasir
100 ml air panas

Bahan Puding :
150 gr cream cheese
100 ml susu evaporated
200 ml air
3 butir telur
1 sdt kulit lemon
50 gr gula pasir
¼ sdt garam


Cara membuatnya :

1. Taruh gula pasir dalam wajan, biarkan larut masukkan air panas aduk sampai gula larut

2.Tuang 1 ½ sdm karamel pada mangkuk kecil tahan panas ya sudah dioles
margarin

3.Puding :
Kukus cream cheese dan susu evaporated ( kalau aku di tim ) sampai
larut masukkan air, aduk rata

4.Kocok telur , gula pasir dan garam ( aku pake whisker ) Masukkan campuran krim keju, aduk rata. Masukkan parutan kulit lemon aduk rata.

5.Tuang kedalam mangkuk panas yg berisi karamel

6.Letakkan mangkuk diats loyang berisi air panas . Bakar selama 1 jam suhu 160 derajat sampai masak

Hasil 6 buah mangkuk kecil

almond coklat cockies


Masih ada ground almond sisa lebaran yg lalu, dibuat cookies aja

Almond Coklat Cookies

Bahan :

200 gr mentega
1 butir telur
1 sdt vanili
280 gr terigu
150 gr amlmond bubuk
1/2 sdt garam

Hiasan :

Dcc secukupnya, lelehkan

Cara Membuat :
1. Kocok mentega dan gula pasir sampai lembut
2. Tambahkan vanili
3. Tambahkan terigu, almonda dan garam aduk rata
4. Bentuk sesuai selera
5. Bakar dalam suhu 150 derajat sampai matang
6. Setelah dingin hiasa dengan Dcc cair

13 November 2009

Asinan ala Gelora


Asinan yg Ngetop di Milis Ncc, dan yg punya resep berbaik hati berbagi resepnya.
kapan hari aku buat ini asinan lumayan buat penyegar di cuaca yg tiap hari panas. Kebetulan pas ke pasar nemu kedongdong kecil tanpa biji, terus ada buah delima juga pokoknya dicampur dengan buah2an yg ada dirumah total 7 macam buah :-)

Nasi Goreng kambing



Ada 2 slices Leg lamb chop, biasanya di grill, eh liat di majalah Sedap ada nasi goreng kambing, ya sudah lebetulan tadi pagi bikin buat sarapan lagian gampang ko, dagingnya dah direbus tadi malam. jadi pagi2 tinggal deurrr aja masak

Soes Kepiting


Dalam rangka ikut memeriahkan Event Soes week NCC


Kenapa memilih soes dengan bentuk ini, karena kebetulan ada kepiting kalengan ya sudah dibuka juga membaca postingan pak Wisnu, ya komen ttg Soes ikan Roa, kenapa soes ngga dibuat bentuk ikan? Nah atas dasar inilah kubikin soes kepiting.

Resepnya pake resepnya Bu Fat aku pake setengah resep tanpa gula dan margarin aku ganti dengan salted butter.

Resep untuk isiannya :
1 sdm Butter untuk menumis
3 siung bawang putih
½ buah paprika merah
125 gram daging kepiting kaleng
Garam dan merica secukupnya

Cara membuatnya :

Tumis bawang putih sampai harum, masukkan paprika , masukkan daging kepiting. Tambahkan garam dan merica aduk sampai dengan kematangan yg diinginkan.


Cara penyajian :
Belah badan soes kepiting, masukkan tumisan daging tambahkah mayonaise dan saus cabe
Ternyata soes disajikan dengan tumisan daging kepiting dan saos cabe juga mayonnaise...rasanya wuih...sedapnya kepiting, garing dan gurihnya kulit soes dan pedas dari saos cabe plus campuran mayonnaise...sedaappppppppppp

02 November 2009

Puding buah


Tinggal diudara panas, bawaanya memang pingin yg seger2 mulu.. bikin puding salah satu alternatif camilan disamping asinan :-)
nah aslinya nih.. puding ini 3 lapis, lapisan pertama rasa jambu merah , yg ke 2 orange dan yg ke3 sirsak, setelah dituang ke piring saji disiram lagi cocktail ngga keliatan tuh yg warnanya, rasa puding ini bener2 seger dan kayak buah,asli tanpa pewarna semua didapat dari jus.

Chocolate corn flake cookies


Cornflakes coklat masih banyak, secara sarapan pake cornflakes jarang banget ga berasa :-)
Akhirnya pas kemarin2 ada temen yg minta tester cornflakes cookies yg biasa sekalian aku buat juga nih yg coklatnya, wow rasanya bagiku lebih enakan yg rasa coklat

01 November 2009

JCC




JAPANESE STYLE CHEESECAKE
Cheesecake by Yasaboga

Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

Bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
5 putih telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon


Cara Membuatnya:
1.Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega.
2.Pasang oven 150 derajat
Celsius, masukkan alas loyang yang diisi air.
3.Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
4.Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata.
Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
5.Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
6.Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
7.Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang

31 July 2009

Lidah kucing Keju


Untuk membalas undangan kawan aku undang mereka untuk minum tea dan kopi, kue nya aku buat lidah kucing keju dan alceko.

Alceko cookies




Dalam rangka ikutan cookies week Ncc...
Resepnya kudapat dari Sajian Bersama Bogasari, acara televisi yg sempat jadi favouriteku.

Kenapa dinamakan Alceko, karena taburannya nya ini campuran dari Almond, Ceri dan korma.. Tapi karena ngga nemu Korma di SPM saat ini, jadi aku ganti Kismis..judulnya tetep Alceko, ngga jadi Alcemis heheheh
Soal rasa bagiku lebih mantap pake kismis dech ada asem2 nya. Kalau kurma terlalu manis untukku.

Alceko Cookies

Bahan:
Tepung terigu Kunci Biru / Roda Biru 400 gr
Selai kacang 250 gr
Gula halus 200 gr
Minyak goreng segelas ( aku pake canola oil )

Untuk bahan taburan:
Madu 2 sdm
Gula pasir 50 gr
Margarin 100 gr
Kacang almond 50 gr, iris tipis-tipis
Cherri merah/hijau 100 gr, iris tipis-tipis
Korma 50 gr, iris tipis-tipis

Cara Membuat:

Siapkan loyang 20 cm yang telah dilapisi kertas roti dan diolesi margarin.
Aduk selai kacang dan minyak goreng sampai tercampur rata.
Masukkan gula halus, aduk kembali. lalu tambahkan terigu Kunci Biru / Roda Biru, aduk rata.
Diamkan adonan selama 5 menit, lalu masukkan ke dalam loyang hingga setebal 3 mm, ratakan.

Panggang dalam oven selama 15 - 20menit.

Cara membuat taburan:

Panaskan margarin bersama gula pasir, dan madu di atas api kecil hingga mencair, lalu masukkan almond, cherri, dan korma, aduk lalu angkat.
Potong-potong persegi, kue yang telah matang.
Taruh bahan taburan di atas setiap potongan kue.
Panggang kembali selama 15 menit, angkat dan dinginkan.

Tips:

Istirahatkan adonan + 120 menit, agar adonan mudah dibentuk dan hasilnya lebih renyah

22 July 2009

Fancy Cookies


Kalau yang ini sih buat dimakan sendiri, nyoba cetakan bunga dihias pakai royal icing juga

Cookies hias



cookies ini buat Kahsyi juga..
dihias Royal Icing, hiasanya simple saja.

26 June 2009

Banana Cupcakes




Kebetulan ada sisa pisang 4 buah udah matang banget...Nyobain achhh dibikin cupcake
Browsing dapat resep di

http://www.cakejournal.com/archives/best-banana-cupcakes
Banana cake or cupcakes:

125g (4oz) butter ( aku 60 gr butter adanya segitu + 65 margarine )
175g (6oz) sugar
2 eggs
2 large mashed ripe bananas ( aku pake 3 buah ukuran sedang, yg 1 nya dimakan aja )
1 tsp Baking soda ( aku pake 1/2 sdt )
2 Tbsp boiling milk ( aku pake susu bubuk fullcream dilarutkan air panas )
1 tsp baking power ( aku pake 1/2 sdt )
225g (8oz) flour

Cream butter & sugar till light and fluffy.

Add eggs one at a time.

Mix in mashed bananas.

Add baking soda that has been dissolved in hot milk.

Lastly mix in sifted flour & baking powder. Dont overbeat the batter.

For a cake bake it in a 20cm ring pan on 170 C (325 F) for about 45 mins.

This mixture will produce around 18 standard size cupcakes and they are baked at 170 C (325 F) for approx 18-25 mins. You want them to be light golden brown and a toothpick comes out clean.


Ternyata hasilnya...beneran enak, ngga terlau manis, terus aku jadiin 12 buah makanya munjung semua dah tanggung nge set oven 1 level.
Cuma ada yg diganti nih, karena ngga ada Fresh milk, jadi aku larutkan susu bubuk fullcream dengan air panas ukuran tetap aja sesuai resep 2 sdm
.


Catatan :
aku kebalik masukin susu lebih dulu daripada pisang tapi ngga ngaruh, tetep ngembang
terigu aku campurkan dengan Bp terus masukkin keadonan, secara bertahap 3x diaduk pake mikser kecepatan rendah tapi ga lama 5 x putaran tangan.
Aku set Oven di 180 derajat, makanya cake nya retak2 udah ngisinya ampir penuh lagi, ditengah jalan set kuturunin jadi 160.
( nah..lumayan dech sekarang keingat tahap demi tahapnya siapa tahu berguna kalau aku bikin lagi hehehhe )

24 June 2009

kastengel




Ceritanya udah lama beli keju edamnya, emang pas beli edam ini rencana mau bikin kastengel. Tapi baru hari ini ada waktu bikin lagian takut kelamaan di kulkas dan kelupaan biar kata expired date nya masih bln October...dibikin aja dech kebetulan bahan2 pendukung lainnya ada.
Aku coba2 resep sendiri, lumayan juga enak cuma kayaknya kalau tambah garam dikitttt aja lebih ok ( lupa )

Kastengel

300 gram butter
3 kuning telur
1 putih telur
120 gram keju edam parut halus
400 gram terigu ( yg ini ceritanya aku siapin terigu 1 pack isi 900 gram, setelah dicampurin ke adonan butter, telur dan keju sisa terigu 500 gram pas banget ya )
1 sdm maizena
1 kuning telur untuk olesan
75 gram keju cheddar parut

Caranya
1. Kocok Butter dan telur sampai lembut
2. Tambahkan keju edam yg sudah diparut
3. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit diaduk pake spatula,setelah terigu masuk semua aku baru masukkin maizena itu juga hampir kelupaan ( tukang kue yg banyak lupanya ) lanjutkan pake tangan bentar aja.
4. Terus cetak dech sesuai selera
5. Olesi kuning telur
6. Taburi keju chedar diatasnya.
7. Bakar suhu 170 derajat selama 30 menit ( atau ampe mateng dech )

Hasilnya jadi 124 biji, males nimbang keburu masuk tupperware dan bagi tetanga.
terus renyah tapi tak mudah hancur kalau dipegang. Kayaknya bisa bikin nih sebelum mudik bisa tahan biar kata 2 x naik pesawat.

10 June 2009

Japannese Cheese Cake lagi :-)




Bahan2 untuk JCC masih ada dikulkas, di cek expired date nya masih lama Desembar, tapi gpp dech mending dibuat aja, daripada keburu lupa.

Ngomong2 soal JCC pasti ada Cream Cheese nya dong, baca2 di milis NCC wuih..Cream Cheese Philadelpia di Indonesia mahal banget 75 rb s/d 80 rb, kalau disini harga sekarang jatuhnya Rp 31.500. Kalau di Bdg mungkin ngga jadi2 dech bikin JCC karena mikir mahal bahannya hehheheh, tapi disini walau sama2 Import juga tapi lumayan murah, bisa jadi 2 loyang lagi.

Oh iya kalau soal buah dikit2 ada lah dikulkas, soalnya aku penggila buah dan sayur.
Nah...ada anggur sedikit, kiwi 1 potong, yg banyak emang buah Peach sekarang aja masih sisa setengahnya, Peach nya bagus gede2 jadi untuk topping jcc ini mesti kupotong serong tipis.

Nah yg di gambar kecil, yg ada kiwinya itu waduh kurang bagus ya terlihatnya? soalnya pas difoto whipping cream nya keburu lumer. Tapi kusimpan disini buat arsip jangan mengulang kesalahan yg sama.

Ohhh JCC lembut membelai lidah, dan harum lemonmu hmmmm

03 June 2009

Cantik Manis alias Cente




Dipikir-pikir, selama disini lebih sering bikin kue , soalnya kue yg kuingin tak bisa kutemui disini.
Seperti si Cente ini, kalau di Bdg dipasar di toko atau kios yg menjual berbagai jenis jajan pasar selalu ada, ditoko depan rumah ada, di Kartika Sari pun ada, Jadi gampang kan..tinggal beli.
Nah ceritanya lagi kepingin banget..kue tradisional, terus ingat dari Bdg aku bawa tepung Hun kue yg expired nya 2013, kalau dipikir ntar aja dech..bikinnya 3 thn lagi kan belum expired, ngaco eta mah.... ( ngikutin rasa males apa2 juga ngga jadi ya ? )
so...sms dech ke kk ku tanyain gimana cara bikin si cente ini, kbtlan nih si KK sering banget buat cente apalgi kalau ada acara2 keluarga, enak lagi. Peuleum,kalo kata orang Bdg mah....terus waktu kepasar nemu daun, jadi sebagian kubungkus daun sebagian lagi kubungkus plastik.
Catet disini achhh resepnya :

Cantik Manis / Cente
by my sister

Bahan :

50 gr sagu mutiara atau pacar cina ( rebus di air mendidih sebentar, sisihkan )

1 Bks tepung hun kue ( 100 gram )
175 gr gula pasir
500 ml santan sedang( ga encer ga kental )didihkan, sisihkan
3 buah nangka iris kotak
daun atau platik secukupnya.

Cara membuat :
1. Campur dalam panci tepung hun kue, gula pasir dan santan yg sudah hangat2 kuku.
2. Jerangkan diatas api kecil aduk2, masukkan sagu mutiara da potongan nangka
aduk terus sampai mengental dan mendidih, matikan api.
3. Isi tiap lembaran platik dan daun dengan adonan 1 sdm panas2
4. lipat, beres dech...

29 May 2009

watermelon juice


Kebetulan ini water melon manis banget, jadi saaat kubuat juice ga perlu nambahin gula dan air
it's pure watermelon :-) seger dech disaat cuaca panas2 gini.

27 May 2009

Cupcakes Coklat


Yang ini sih iseng aja... ada coklat cudburry, aku cairkan dech sebagai pengganti cooking coklat di resep
Aku isi cetakan pun ngga nyampe 3/4 nya, setengahnya juga kurang. Soalnya bukan untuk dihias2 dech... Jadi ngga ngarep ngumbul or nyempluk2 hehehhe, setelah matang dan dingin cuma dilapisi ganache tipis2 diatasnya trs kasih coklat putih. Udah dechh enak ga bikin eneug.




Pumpkin Cup Cake


Beli labu kuning udah ada seminggu yg lalu, rencananya waktu beli pingin bikin kolak, kangen kolak labu nih.... pas nge-cek bahan ngga ada gula merah, mau ke supermarket malas beli gulmer doang, males nyetir nya, malas panasnya...intinya emang malasss dech hehhehe

browsing membawaku ke resepnya bu Sisca Suwitomo program Aroma, ngecek bahannya kebetulan ada semua. Ya..sudah ke dapur dechhhh.


Lumayan cepet nih bikin cupcakes ini, persiapan sampe masukin ke oven kurleb 30 menit.
kalau saat membakarnya sih bisa ditinggal kerjain yg lain, alias beres2 dapur :-).
Nengok di kaca oven di menit ke 10 dah keliatan mengembang, achh dah yakin sukses nih...ternyata alhamdulillah bener sukses, enak lagi :-) dan pas banget jadi 12.
sipppppppp dech ini resep


Untuk resepnya ngga ada yg kurubah, namanya juga coba pertama kali, nah maybe next time kalo coba lagi mau kutambahin coklat dechhh diatasnya.



Resepnya ku posting disini :


Pumpkin Cupcake

Source : Aroma Indosiar


Bahan:

2 butir telur
200 gram gula pasir
250 gram labu kuning kukus, haluskan
250 gram tepung terigu1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
100 ml minyak goreng ( aku pake canola oil )


Cara Membuat:
Panaskan oven dengan temperature 180 derajat Celsius, siapkan loyang muffin, alasi dengan kertas cup.

Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan tepung terigu dan labu, aduk rata.

Masukkan baking powder dan garam, aduk rata, tambahkan minyak goreng, aduk rata, tuangkan kedalam loyang.

Panggang selama 20 menit hingga matang, angkat.
Sajikan.
Untuk: 12 buah


Catatan : untuk waktu memanggang aku tambahkan 10 menit dari waktu yg tertera diresep, soalnya waktu ku cek di menit ke 20 masih basah.

17 May 2009

Buttercake



Nyoba resepnya NCC Buttercake dasar 2 telur, yang kucetak dicetakan muffin , jadinya pas banget 12 cakes

White Roses Cake


Nah...ini penampakan brokus P'Sahak setelah dihias, maklum ga ada pengetahuan ttg hias menghias, jadinya ya seadanya, nunggu kursus di bu fat belum tahu kapan terealisasinya secara waktunya belum nemu yg pas, jadi sambil manfaatin waktu ya belajar sendiri lah...

Bunga roses kubuat dari fondant yg juga kubuat sendiri, karena belum nemu yg jual eceran di sini. Kalau mesti beli 12 Kg buat latihan welehhhhhh kebanyakan bo.

pagar coklatnya ini pertama kali bikin juga, setelah jadi ko kayaknya ketipisan ya ? next time mau coba lagi bikin yg agak tebelan. Waktu itu ga kepikiran beli cetakan pagar.

Buttercreamnya ? keenceran kayakknya ga bisa ngebentuk ( hahhahhahahaa ) duh...niat ku emang mau kursus decorating cake buttercream ke bu fat.

Banana Choco Chip


Ada 6 buah pisang kalau nunggu beberapa hari lagi bakal jadi mubazir dan lihat Yoghurt tawar 5 hari lagi expired, emang yoghurt ga bisa lama2 kan ?
nah.. inilah hasilnya. lembut banget dan ennakkkkkk seperti kue lumpur padahal dibakr lho... Disimpan dikulkas, pagi2 dihangatin di microweve..amboi..tambah seddap

21 April 2009

Creme Brulee Apel




Resep ini kudapatkan dari Majalah Primarasa terbitan lama.

Rasa manisnya pas ( alias tak terlalu manis sesuai seleraku ) dan aroma kayu manis plus rasa kismis yg asem2 seger, rasa masam dari apel Granit nya sudah tak terasa lagi karena sudah berbaur dengan campuran lainnya. Pokoknya in salah satu dessert yg mantap juga


16 March 2009

Daging manis pedas


Mau dimasak Rendang tanggung cuma 1/4 Kg, jadinya dimasak seperti inilah. Ga tahu namanya apa. Sesuka hatiku saja. Tapi dijamin enak manis dan agak pedas dikit.

Resepku :
250 gram daging sapi potong menurut selera ( rebus sebentar ) Sisishkan
Bumbu yang dihaluskan :
2 buah cabe merah yg kecil ( pedas )
1 buah cabe merah besar
2 butir kemiri
1 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/2 sdt ketumbar


Bumbu lainnya :
2 iris tipis lengkus
2 iris tipis jahe
1 batang serai
2 lembar daun jeruk ( biasanya pake daun salam, disini ga ada )
1 sdm santan kara campur dengan 2 sdm air panas
1 sdm kecap manis
garam secukupnya

Cara membuat :

  • Panaskan minyak goreng,
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  • Masukkan irisan jahe, lengkuas, serai daun jeruk
  • Masukkan daging aduk rata
  • Tambahkan garam. kecap manis
  • Tambahkan air rebusan daging
  • Masukkan santan
  • Masak sampai bumbu asat.
  • Angkat , hidangkan















15 March 2009

MIx Fruits Juice + Strawberry Ice cream

Lagi seneng berekperimen dengan Juice
Yang ini campuran :

mangga ( kbtlan masam ), pisang, apel + 1 sdm gula pasir + 2 sdm ice cream = Segar tidak  mengecewakan.

Tahu udang telur kukus


Kepinginnya... Selalu dech beda dari keinginan, Pepes tahu pake daun, tapi disini ya ampun susah amat mau ketemu sama daun pisang, padahal hampir 1 minggu sekali ke pasar, ngga kebetulan kali ya, yg jual daun pun cuma seorang dari pengalamanku muter2 pasar.

Kangen tahu... disini adanya tahu putih tapi tak apa2, masak ini sih simple saja :

4 buah tahu putih
10 buah udang yg sudah bersih ( biasanya kucampur buat bakwan )
2 butir telur
merica bubuk
garam
irisan bawang daun
irisan cabe merah kalau suka


Caranya :

tahu dan udang dihaluskan, masukkan telur aduk2 merata tambahkan merica, garam dan bawang daun, masukkan pinggan tahan panas. kukus...jadi dechhhh
Nah..yang ini enak banget dipadukan dengan tumis kangkung dan sambal terasi.

Tumis kangkung...


Syukurlah aku masih bisa ketemu kangkung disini, walaupun kepinginnya sih kangkung yg ditumis dengan oncom pedas, tapi ga ada oncomnya. Ya.. jadinya kutumis saja dengan paprika, Jauh dari pedas tentunya. Hehehe

13 March 2009

Cireng keju


Tau nih...biasa kalau lagi kangen jajanan Bdg, kalau di Bdg tinggal jalan kedepan, banyak yg jual gorengan apa lagi waktu mulai meninggalkan Bdg hampir setahun lalu lagi Booming Cireng isi dari mulai cireng isi keju, oncom pedas, sosis pedas dll, disini di Langkawi ? mana ada cireng heheheh. Tapi untungnya bahannya dasarnya ada,tepung kanji, kalau disini namanya tepung ubi kayu.
Cuma untuk garam dan merica nya aku kurangin dari resep, 1/2 sdt merica dan garam dari 125 gr tepung tapioka kebanyakan untukku apalagi ditambah keju asin juga kan ?

10 March 2009

Manggo Juice Vanilla Ice Cream


Sesuai judulnya, juice ini memang terbuat dari :

1 buah mangga ukuran sedang
3 sdm Vanilla Ice cream
1 sdm gula putih
200 ml air dingin

Caranya tinggal di juice, tuangkan ke gelas. Semprotkan whipping cream diatasnya.
hmmm seger....

09 March 2009

Falafel







2 Kali pernah nyoba Falafel ini, direstoran Arabic dan Maroko. Aku suka harum bumbu rempahnya. Dan yang ketiga kali nya buat sendiri dapat resepnya di http://www.videojug.com/

Resepnya :
250 gr chickpeas
3 garlic cloves
handfull parsley 
handful coriander ( daun ketumbar )
1 chili ( paprika hijau )
2 tbsf flour
3/4 tsp baking soda
1 tsp cumin ( jinten )
1 tsp coriander seeds ( biji ketumbar )
salt & pepper
cooking oil

Cara membuat :
1. Rendam chickpeas semalaman
2. Buang airnya, tiriskan
3. Blender sedikit demi sedkit sampai lembut
4. Blender Parsley, daun ketumbar, jinten, ketumbar, bawang putih dan paprika. Campur dengan chickpeas yang sudah dihaluskan, masukkan baking soda, garam dan merica bubuk, tambahkan tepung aduk rata. Bentuk bulat. Simpan di lemari es 1 jam.
5. Goreng sampai kering

Yang aku pernah nyoba di restauran disajikan dengan salad dan roti seperti pan cake cuma agak kering dan keras. ( aku kurang suka ) jadi penyajianku dengan pancake yg lembut.









08 March 2009

Dragon Fruit Puding Saus Kiwi





Waktu buka situs NCC Indonesia, lihat event donat weeks yg sudah berlangsung waduh mamah ketinggalan dech daku ( maklum mantan tukang donat ) secara aku baru gabung di Milis NCC ini tgl 3 maret kemarin. Tapi ehhh ternyata ada event baru Puding week NCC, mau dong ikutan lagian udah di terima di milisnya NCC weleh....senengnya minta ampun. Serasa ada semangat baru gitu lho.
Gini ini dech penyakit lama ..giliran mau bikin , bingung bikin model macam mana. Memang ini bukan pertama kali bagiku bikin puding, tapi ini pertama kali di event spt ini. Bolak-balik nengokin isi kulkas isinya ga berubah juga, cuma buah yg itu2 saja . 1/2 Buah Naga warna ungu dan 1/2 warna putih, 2 buah kiwi,2 buah mangga dan 3 biji strawberry.

Hmmm kupikir ga ada salahnya nyoba bikin puding buah naga secara aku belum pernah nyoba dan nemu puding buah naga, kalau mangga sih pernah... pernah nyoba maksudnya, ga pernah bikin hehehhe.

Tapi kepikiran juga cetakan puding yg kubawa dari Bandung cuma yg tupperware kecil2 itu. Bosen achhhh.. Mikir lagi dechhh, saat lagi mikir inilah aku minum coca cola , saat kutengok bawah botolnya, karena penghabisan ehhh.... ko mirip bunga ya, buru2 botol itu dan 2 botol kosong yg belum kubuang, kucuci sebelum ide ku kabur, diukur, digunting jadi dechhh.
Untuk Resepnya sih sederhana, ga pakai pewarna juga, itu warna original dari buah naga ungu.


Dragon Fruit Puding Saus Kiwi


Bahan untuk warna putih :

½ bks agar-agar bubuk warna putih
75 gr buah naga putih
75 gr gula pasir
50 ml fresh milk
200 ml air

Bahan untuk warna ungu :
½ bks agar-agar bubuk warna putih
75 gr buah naga warna ungu
100 gr gula pasir
50 fresh milk
200 ml air
( untuk pemakaian gula aku sesuaikan dengan rasa buah naga , kebetulan ya putih rasanya manis, dan yg ungu agak hambar )

Bahan Saus
2 buah kiwi ukuran sedang ( aku adanya Cuma 2 J )
1 sdm gula pasir
100 ml air

Cara membuat :
A. Buat dahulu warna putih

1. Masukkan agar2 bubuk ke dalam panci sisihkan
2. Blender jadi satu, buah naga,gula, fresh milk dan air
3. Tuangkan ke dalam panci yg berisi agar2 aduk2 sebentar
4. Jerangkan di atas air sambil diaduk sampai mendidih.
5. Setelah uap nya menghilang tuangkan kedalam cetakan bunga, untuk bagian putiknya aku gunakan tutup dari botol coca-cola yg dibalik untuk menahan dan biar berbentuk bulat, tuangkan sedikit pada cetakan di bagian kelopak bunga, tunggu biar agak mengeras.
Karena Cuma ada 3 cetakan aku tuangkan ke cetakan ya lain untuk sisanya.

B. Masak agar2 warna ungu dengan cara di atas, setelah uapnya menghilang tuangkan di atas cetakan yg sudah berisi agar2 putih tadi. Dinginkan di lemari es.

Bahan Saus
2 buah kiwi ukuran sedang ( aku adanya Cuma 2 )
1 sdm gula pasir
100 ml air
Siramkan diatas puding.
Rasa asam saus kiwi ini memberi cita rasa menyegarkan.











06 March 2009

Terung Panggang Daging Saus Mayones


Terung ungu hmm suka banget, biasanya kalo ngga dibumbu merah , dibumbu cabe hijau atau dibumbu gulai. Tapi kali ini aku mau coba sesuatu yg lain, resepnya kutemukan di Detikfood.

hmmm enakkkk, hanya saja karena ga punya cabe merah giling ( ga pernah pake soalnya ), aku ganti sama irisan cabe merah kecil 1 biji yg pedasnya juga lumayan, Miso kuning juga kudelete karena ga punya dan ga pernah pake juga , tapi aku ganti dengan sedikit pesto hijau. Jadi Rasa Italia nya masih terasa huhuhuyyyy...


Resep by detikfood


Jakarta - Hidangan praktis ini bisa untuk sajian santap malam. Terung diolah dengan daging cincang berbumbu ala Italia yang harum plus sedikit tambahan cabai yang pedas menggigit. Sapuan saus mayones dan miso membuat racikan daging ini jadi makin enak saja!


Bahan:

1 sdm minyak sayur

20 g bawang Bombay, cincang halus1 siung bawang putih, cincang halus

150 g daging sapi cincang tanpa lemak1 sdt tomat pasta1 sdt cabai merah giling

3 sdm saus tomat

1/2 sdt merica hitam bubuk

1 sdt gula pasir1 sdt garam

200 g terung ungu, iris melintang tipis, celupkan sebentar dalam air mendidih, tiriskan


Topping,

aduk rata:

100 ml mayones botolan

1 sdm miso kuning

1/2 sdt merica bubuk


Cara membuat:
· Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
· Masukkan daging sapi, aduk hingga kaku dan berubah warna.
· Tambahkan bumbu lainnya dan sedikit air, masak hingga kering. Angkat.
· Olesi pinggan tahan panas dengan sedikit minyak.
· Susun daging cincang dan irisan terung dalam pinggan.
· Semprot permukaannnya dengan Topping.
· Panggang dalam oven panas 180C selama 20 menit.
· Angkat, sajikan panas.
Untuk 4 orang ( eka / Odi )