26 February 2009

Pempek


Inipun kali pertama aku buat pempek sendiri dengan alasan yg sama pula, tak ada yang jualan pempek disini, iya iya lah pempek kan khasnya ada negeri kita. Tapi untuk ikan tenggiri oke lah, mudah didapat. Aku bkin subuh2. Aku ga punya acuan resep pempek, yg kebayang pasti dasarnya sama buat bikin basa tahu siomay. Tepung kanji dan tengiri.
Resepku :
Bahan 1 :
4 siung bawang putih yg dihaluskan
2 sdm tepung kanji ( kalo disini tepung ubi jalar )
150 cc air
Bahan 2 :
275 gram tenggiri halus ( emang segitu adanya, aku ga ingat berapa gram saat beli )
175 gram tepung kanji ( aturanku sampai ga lenket ditangan )
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Cara Membuat :
  • Masukkan campuran bahan 1 ke tenggiri yang sudah dihalukan, tambahkan garam dan merica, Tambakan tepung kanji sedikit demi sedikit sampai tercampur rata,
  • Bentuk sesuai keinginan.
  • Didihkan air secukupnya, rebus pempek sampai mengapung.
  • Angkat, dinginkan.
  • Siap digoreng
Sausnya :
  • gula merah secukupnya,
  • 2 buah cabe keriting
  • 1 sdm udang kering sangrai
  • 2 siung bawang putih
  • Cuka secukupnya kalo suka ( aku ga suka jadi pake Vinegar 2 sdm )

Cara Membuat

  • rebus gula merah sampai larut dan mendidih, saring
  • haluskan cabe, ebi, bawang putih dan garam
  • didihkan kembali gula merah, masukkan campuran bumbu, rebus sampai bumbu dirasa cukup masak, masukkan cuka atau vinegar. Dinginkan

Catatan : dari ukuran diatas menjadi 3 pempek kapal selam dan 7 lenjer. ( lumayan buat 3 hari )


No comments: