24 June 2009

kastengel




Ceritanya udah lama beli keju edamnya, emang pas beli edam ini rencana mau bikin kastengel. Tapi baru hari ini ada waktu bikin lagian takut kelamaan di kulkas dan kelupaan biar kata expired date nya masih bln October...dibikin aja dech kebetulan bahan2 pendukung lainnya ada.
Aku coba2 resep sendiri, lumayan juga enak cuma kayaknya kalau tambah garam dikitttt aja lebih ok ( lupa )

Kastengel

300 gram butter
3 kuning telur
1 putih telur
120 gram keju edam parut halus
400 gram terigu ( yg ini ceritanya aku siapin terigu 1 pack isi 900 gram, setelah dicampurin ke adonan butter, telur dan keju sisa terigu 500 gram pas banget ya )
1 sdm maizena
1 kuning telur untuk olesan
75 gram keju cheddar parut

Caranya
1. Kocok Butter dan telur sampai lembut
2. Tambahkan keju edam yg sudah diparut
3. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit diaduk pake spatula,setelah terigu masuk semua aku baru masukkin maizena itu juga hampir kelupaan ( tukang kue yg banyak lupanya ) lanjutkan pake tangan bentar aja.
4. Terus cetak dech sesuai selera
5. Olesi kuning telur
6. Taburi keju chedar diatasnya.
7. Bakar suhu 170 derajat selama 30 menit ( atau ampe mateng dech )

Hasilnya jadi 124 biji, males nimbang keburu masuk tupperware dan bagi tetanga.
terus renyah tapi tak mudah hancur kalau dipegang. Kayaknya bisa bikin nih sebelum mudik bisa tahan biar kata 2 x naik pesawat.

No comments: