23 November 2009

Salad Udang Ala Thai



Untuk pertama kalinya ikutan Masak Bareng, tema untuk bulan ini masakan indonesia berbahan udang, kebetulan disini dekat ke laut udang berbagai jenis mudah ditemui.

Biasanya sih masak udang kalau ngga dipepes, dibumbu merah atau hanya goreng mentega.
Kali ini kebetulan di tabloid SEDAP versi Malaysia nya, ada resep salad udang, ya sudah dicoba saja hasilnya memang enak asam seger karena ada irisan mangganya juga, bisa jadi menu andalan nih :-)

Aku coba setengah resep saja.




Salad udang Ala Thai

Bahan :
500 gram udang , kupas kulit belah belakangnya
2 sdm air jeruk lemon
2 sdt jahe parut
4 siung bawang putih, cincang halus
½ sdt merica
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus :
4 siung bawang putih, cincang halus
4 sdm sos tomat
4 sdm sos cabe
½ sdt garam
3 sdm gula pasir
600 ml air
1 sdm tepung sagu larutkan dengan 1 sdm air, untuk mengentalkan
2 sdm daun ketumbar cincang
3 sdm air jeruk lemon

Bahan Pelengkap :
20 lembar kulit wantan, iris panjang dan goreng kering ( aku pakai kulit lumpia )
2 buah paprika merah
200 gr mangga muda, iris sebesar korek api
200 gr timun jepang, ambil bagian hijaunya, iris korek api
1 sdm wijen sangrai untuk taburan

Cara membuatnya :
1. Lumuri udang dan parutan jahe diamkan selama 15 menit
2. Tumis bawang putih sampai harum , masukkan udang , kecap ikan, merica, aduk sampai berubah warna. Angkat sisihkan
3 SAUS :
Rebus air, bawang putih , saus tomat dan saus cabe sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan garam dan gula pasir aduk rata.
4. Kentalkan saus dengan tepung sagu. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Masukkan daunketumbar dan air perhan lemon. Aduk rata
5. Hidangkan salad diatas wantan goreng, pelengkap dan disiram saus. Hidangkan dengan taburan wijen.

1 comment:

Masak Bareng said...

haloooo
slamat datang di MasBar ya... :)
Makasi lho, udah ikutan. moga2 g kapok ikutan lg di masbar edisi berikutnya, y...