31 January 2011


Mochi Pandan

lamaaaaa banget kepingin bikin mochi ini, ternyata baru berjodoh dihari ini. Sambil nunggu jus bit ku dingin untuk bikin Red Velvet Cake yg kesekian kalinya, Jadilah ngisi waktu dengan bikin Mochi Pandan.

Resepnya dari majalah Sedap

Bahan Kulit :
150 gram tepung ketan
1 sdm tepung beras
50 gram gula pasir halus
1/2 sdt garam
1/2 sdm air kapur sirih
1 sdm air dari campuran 10 lbr daun suji dan 1 lbr daur pandan yg diblender
200 ml air santan dari setengah butir kelapa
1/4 sdt essen pandan
2 tetes pewarna hijau

Bahan Inti :
100 gram kacang tanah tanpa kulit yg digoreng
50 gram gula pasir

Bahan lapisan
100 gram wijen sangrai

Cara membuatnya :

1. Inti : ketika masih panas, belender kacang dan gula sampai halus, bentuk bulat2 kecil, sisihkan.

2. Kulit : campurkan tepung ketan, tepung beras, gula pasir halus dan garam aduk rata

3. Masukkan air kapur sirih, campuran daun suji dan pandan, santan, esen dan pewarna.

4. Saring adonan, tuang kedalam mangkuk tahan panas

5. Kukus selama 30 menit sampai masak dengan api sedang

6. Ambil sedikit adonan, pipihkan. Masukan inti. Bentuk bulat dengan plastik, gulingkan kedalam wijen.

24 January 2011

Kakap lada Hitam


Bikin kakap lada hitam buat lunch hari ini, saat sudah masak suami tidak biasanya mengerenyitkan dahi, dan lansung bilang... " aku lebih suka kakap goreng butter dengan white cream sauce, yg sering kamu buat " aku jawab aja... "cobalah, jika ngga suka aku ada masak udang sayuran "

Ternyata oh ternyata, suapan pertama langsung bilang Very good taste I love It... nah lho bisa ditebak, habis tak bersisa :-)
dan sekarang aku punya alternatif lain memasak ikan kakap...


Bumbunya memang sederhana saja


Bahannya :

1/2 kg kakap putih di fillet, kulitnya juga dibuang ( karena suami mah kagak doyan ), potong dadu

1/2 ptg paprika hijau potong dadu

1/2 ptg bawang bombay

2 siung bawang putih

1/2 buah nanas ukuran sedang, potong dadu

Serbuk lada hitam secukupnya

garam secukupnya

1 sdm saus tiram

air secukupnya


Cara membuat :

1. Tumis bawang dalam sedikit butter, tambahkan potongan kakap masak sampai beubah warna

2. Masukkan potongan paprika dan nanas aduk2 pelan2 biar ga hancur

3. tambahkan air sedikit saja

4. Masukkan serbuk lada hitam, tambahkan garam, masak sebentar saja

5. Angkat sajikan..dijamin ketagihan :-)

22 January 2011

Apple Pie


Kepingin bikin Apple Pie ini udah lama banget, kebetulan punya filling yg rencananya buat bikin Creme Brulle Apple, karena hampir sama bahannya ya sudah putar haluan kubikin buat isian Pie , tinggal nambahain pala bubuk dikit ke fillingnya, yg komposisi bahannya apel granny smith, gula, raisin dan kayu manis. Ukurannya malah ngga ingat berapa , tapi seingatku bikin dari 6 buah apel dech...


Nah tadi pagi baru dech bikin Kulitnya, pake food processor cepet banget, semua bahan dalam keadaan dingin, setelah dibentuk bulat simpan 2 jam dilemari es.


Untuk Crushnya pake resep warisan

Bahan ( semua dalam keadaan dingin )

375 gr tepung terigu
150 gr butter potong kotak2 kecil
50 ml air es
1,5 sdm gula caster
1 sdt garam halus

Caranya :

Campur semua bahan, kecuali Air es dalam food processor, proses sampai berbutir2 halus,
tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil di proses kembali, bentuk bulatan sesuai ukuaran yg diinginkan, simpan dalam lemari es .

Setelah dibentuk dan diisi filling dan ditutup adonan, olesi kuning telur yg sudah dicampur sedikit Whipping cream atau fresh milk, bakar dalam oven suhu 180 derajat sampai matang +/- 35 menit ( Otrik )