30 March 2011

Sambal Goreng Jengkol dan Ikan teri


3 Tahun ngga makan jengkol... akhirnya makan lagi, saat nemu di pasar malam , disini memang jarang nemu sih, walau dulu2 pas ada ngga tertarik beli juga, ini karena sangat kangen masakan ala keluargaku di Bandung, jadilah  masak juga, cara dan resep pun biasa yg digunakan oleh keluarga.

Kalau yg ini disambal goreng karena kebetulan aja, biasa bikin sambal goreng sekalian, disimpan di kulkas, kalau mau makan tinggal ambil, nah karena malaas bikin bumbu lagi..akhrnya sambal goreng yg ada dikulkas kupakai juga.

Untuk mengurangi baunya, nih si jengkol kurebus dulu ditambah 1 sdm makan kopi, terus kupotong dan kugoreng, terinya, dicuci tiriskan goreng  juga dech.
Setelah itu, masukkan minyak dalam wajan, masukkan sambal goreng yg sudah jadi, masukkan juga jengkol ma terinya...aduk2 dengan api sedang sampai bumbu meresap dan sedikt asat.. Jadi dech..makan ma nasi hangat... alhamdulillah nikmat :-)

28 March 2011

Lemon Krimcis Mekar ( kukus )



Laporan kedua untuk even Bolkus Week Ncc.

Idenya dari Japannese Cheese Cake, coba2 dikukus, sebenarnya pernah bikin resep ini  juga sebelum laporan RVC kukus, cuma saat itu bikinnya menjelang magrib jadi mau difoto sudah tak ada cahaya matahari lagi, maklum amatiran jadi masih ngandelin cahaya matahari untuk ngambil foto, terus pas kedatangan teman dan anak2nya, ya sudah bolkus nya kusuguhin untuk mereka, dan kebetulan mereka suka.

Jadi pagi ini lagi luang, disaat gerimis yg mengundang lapar, maunya ngemil ya sudah kuputuskan bikin bolkus ini, kunamakan Lemon Krimcis Mekar, karena bahannya ada kandungan Lemon dan krimcis dan hasilnya mekar pula.

Dan alhamdulillah walau lagi hujan, tetap langit agak terang, jadi masih bisa ambil foto.

Resepnya :

Lemon Krimcis Mekar ( Kukus )
by Rosdaniar

Bahan :

Bahan A :
15 gr Butter
25 gr Krimcis
75 ml Whipcream

Bahan B
1 butir telur
125 gr gula castor
1/4 sdt  emulsifier

Bahan C
125 gr tepung terigu protein rendah
1/4 sdt muncung Baking Powder

Bahan D :
1 sdt parutan kulit jeruk lemon  ( jangan terbawa yg putihnya )

Cara membuat :
1. Panaskan dandang / kukusan
2. Siapkan Cetakan muffin/cupcake kecil, alasi dengan paper case
3.Campur  Bahan A jadi satu, dan panaskan diatas api kecil sampai krimcis benar2 larut, aduk sampai halus dengan whisker, angkat dinginkan
4. Kocok telur dan gula sampai tercampur rata, tambahkan emulsifier, kocok terus sampai mengembang
5. Masukkan Bahan A 1/3 nya , Tambahkan Bahan C 1/3 , sambil dikocok dengan mikser kecepetan rendah, masukkan kembali Bahan A, lanjutkan dengan Bahan C , selang selang seling sampai kedua bahan habis.
6. Tambahkan Parutan kulit jeruk lemon, aduk rata pakai spatula
7. Masukkan  1 sdm muncung adonan / sampai hampir rata dengan paper case , pada cetakan muffin kecil 
8. Kukus selama 15 menit
9. Angkat dinginkan

Untuk 10 buah

27 March 2011

Pempek Palembang



Dapat resep ini dari majalah Sedap, dari segi rasa, teksture dan penampilan sudah sangat mendekati pempek yg biasa saya beli di depan kantor Polres Cibabat langgananku :-)  Rasanya Puas banget, sampai2 dalam sehari dari sarapan, makan siang sama  malam malam menunya  hanya pempek.


Pempek Kapal Selam

Bahan :

250 gr daging tenggiri, dihaluskan ( aku pake food Processor )
200 gr tepung sagu
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt penyedap rasa jika suka
1500 ml air untuk merebus
1 butir telur kocok sebentar, untuk isi

Bahan Bubur Tepung :
20 gr tepung gandum
200 ml air
2 siung bawang putih

Bahan Kuah Cuko :
100 gr asam jawa
550 gr gula merah dikikis halus
2000 ml air
1 1/4 sdt garam

Bahan Cuko yg dihaluskan :
2 sdm lobak
10 siung bawang putih
1 sdm udang kering, rendam air panas, tiriskan

Bahan Sambal Hijau :
10 biji cabe rawit hijau, tumbuk halus
50 ml air
1/8 sdt garam

Bahan Pelengkap :
100 gr mie kuning / Bihun
1 biji ketimun dipotong dadu
25 gr udang kering , rendam air panas, sangrai dan dihaluskan menggunakan blender untuk taburan

Cara Membuat :
1.   Bubur Tepung
      Rebus bahan bubur sambil diaduk hingga mendidih, angkat dinginkan
2.   Remas2 dengan tangan ikan tenggiri yg sudah dihaluskan sampai tidak melekat, Masukkan bubur tepung,
      garam, gula pasir dan penyedap rasa, aduk hingga menjadi adonan.
3.   Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, bentuk lonjong. Isi dengan 1/2 sdt telur.
      Tutup dengan rapi.
4.   Masukkan kedalam air yg mendidih, sampai terapung. Angkat sisihkan
5.   Kuah Cuko
      Rebus bahan cuko sampai dengan larut, saring. Masukkan bahan  Cuko yg sudah dihaluskan. Masak      
      hingga mendidih.
6.   Sambal Hijau
      Rebus bahan sambal hijau sampai mendidih, angkat, haluskan dengan blender.
7.   Goreng pempek dalam minyak yg telah dipanaskan sampai dengan masak.
8.   Hidangkan bersama pelengkap, kuah cuko, sambal hijau dan taburan udang kering.


Tips  dariku  :
1. Saat mencampur adonan dengan tepung sagu, gunakan sendok kayu, putar searah, biar hasil pepek setelah digoreng bagian dalam tetap lembut
2. Saat menggoreng, minyak dalam keadaan sudah panas, tapi api nya dikecilkan saat mulai mengoreng, pempek yg dihasilkan angan kering diluar, dan lembut didalam :-)

19 March 2011

Pepes Cumi Basah Kecombrang


Ketemu kemangi dipasar yg mungkin hanya setahun 2 x,  yang selalu  menyerang otakku kalau ketemu kemangi adalah bikin pepes, jadilah kemarin tuh sekalian bikin pepes Sayap Ayam , bagian ayam yg paling aku doyan terus bikin pepes Cumi basah biar sekalian ngukusnya pake kukusan yg gede.

Pertama kalinya dalam hidupku iseng bikin pepes cumi, kebetulan lagi musim dipasar banyak banget cumi yg gede2 seger, lagi bosen dibakar madu  atau di asam manis.

Kalau soal bumbu mah... ngga pernah gagap dan gugup kalau masak, bebas berkreasi kadang suka kaget sendiri sama hasilnya.. enakkkk pisannn, si cumi ini lembuttt , wajarlah aku kukus hampir 2 jam kayaknya di api kecil bumbupun meresap.

Resepnya nih...

Pepes Cumi Basah bunga kecombrang
by Rosdaniar

Bahan :

1/2 kg cumi basah, bersihkan tintanya, cuci bersih, lumuri jeruk nipis, potong 2 bagian, cuci kembali tiriskan
daun secukupnya untuk membungkus

Bumbu yg dihaluskan :

3 butir kemir yg sudah disangrai
1/2 sdt ketmbar yg sudah disangrai juga
1/4 sdt merica biji
1/2 sdt garam /sesuai selera
1 buah cabe merah diambil bijinya
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih

Bumbu lainnya :

15 gr bawang daun iris
1 ikat kemangi siangi
2 ruas jari jahe potong dibagi 4
2 ruas jari lengkuas dibagi 4
4 buah serai,  geprek potong ambil bagian putihnya
1 buah tomat dipotong 4
1/2 buah kecombrang atau honje diiris
daun salam ( kalau ada )

Cara Membuat :

1. Panaskan dandang / kukusan
2. Siapkan daun potong menurut ukuran yg diinginkan, bersihkan bagian dalamnya dengan lap basah /tiesue  dapur
3. Lumuri Cumi basah dengan bumbu yg sudah dihaluskan, bagi 4 bagian
4. Bentangkan 2 lembar daun..isi dengan kemangi, daun bawang, dan cumi basah, letakkan 1 potong lengkuas, jahe, serai, daun salam, dan sedikit irisan bunga kecombrang, bentuk tum..tusuk dengan tusuk gigi
5. Kukus kurang lebih 2 jam api kecil sampai dengan matang
6. Sajikan dengan nasi panas, sambel dan lalapan

Untuk 4 bungkus.

Catatan :
Untuk lebih cepat bikin pepes, kalau aku kemiri, merica dan ketumbar memang sudah siap pakai, jadi kalau sekalian beli..langsung disangrai, dinginkan simpan di tupperware, selalu siap untuk digunakan.

RVC Kukus

Bikin bolkus ini, untuk memeriahkan  NCC Bolkus Week yang berlangsung dari 15 Maret s/d 21 April 2011.




Kunamakan RVC kukus karena memang idenya dari Red Velvet Cake dan bahannya pun hampir 90 % memmang bahan RVC, kecuali minyak goreng yg kuskip dan ada tambahah emulsifier.


Cuma memang tidak menggunakan pewarna merah, Jadi warnanya seasli-aslinya.

Batch pertama Alhamdulillah 3 biji langsung selamat ditenggorokkan, tanpa harus ada dorongan air minum, mungkin karena buttermik itu yg mempengaruhi pada rasa dan testur bolkus itu sendiri.

Resepnya awalnya, dari resep yg selalu kugunakan waktu aku jualan bolkus dulu, hanya penambahan cairan yg dilebihin 50 ml, karena buttermilk bagiku sedikit kental.



RVC Kukus

Bahan

200 gr tepung terigu

240 gr gula pasir

20 gr cokelat Van Houten

20 gr maizena

10 gr susu bubuk

100 ml buttermlk

150 ml jus bit

2 btr telur

½ sdt soda tambahkan ½ sdt jeruk nipis

1 sdt emulsifier



Cara membuat :

1. Panas kan dandang /kukusan

2. Campur semua bahan jadi satu, kocok dengan mikser sampai mengental

3. Masukkan adonan sampai rata dalam cetakan yg telah dialasi papercase

4. Kukus selama 20 menit dengan tutup yg sudah dilapisi serbet double

14 March 2011

Ranginang / Rengginang


Terakhir kepasar, sekalian beli si beras ketan putih ini, cukup 1 kg saja niat awal mau bikin Ulen, alais ketan  goreng, tapi... jadinya malah ranginang , kenapa ? karena ngga butuh kelapa , soalnya pas kepasar kelapa cukup untuk bikin laksa doang hihihi ya sudah lah...langsun kepikiran bikin si ranginang ini.

Bikin nya sih tebilang cepat lah, godaannya...yg hari2 disini biasa panas mentrang mentreng dari pagi ampe sore, ko ya kebetulan pas jemur ranginang, mendung2 aja..walau ga ad hujan :-) akhirnya setelah 3 hari kalu ga salah baru bener2 kering dan siap dipanen alias digoreng. :-)

Resep dan cara bikinnya, mengikuti apa yg pernah alm mamah ajarkan padaku, aku bikin 1/2 resep aja, dengan pemikiran kalau ngga sukses, karena  tahunan ngga bikin ngga terlalu banyak terbuang, Alhamdulillah sukses...

Ranginang

Bahan :
1/2 kg beras ketan  cuci bersih rendam  1- 2 jam, cuci sekali lagi
1 sdt garam
2 btr bawang putih
minyak untuk menggoreng
1/2 sdt terasi

Cara Membuat
1. panaskan dandang/kukusan
2. masukkan beras ketan yg sudah direndam tadi
3. kukus sampai matang +/- 40 menit, sambil sesekali diperciki air dan diaduk perlahan dan rata
4. Setelah matang, kipas2 sampai uapnya hilang, tambahkan garam dan bawang putih yg sudah dihaluskan, aduk merata.
5. ketan yg sudah dikasih garam dan bawang putig tadi, dibagi 2, yg setengahnya ditambahkan terasi yg sudah kusangrai sebelumnya sekitar 1/2 sdt , aduk rata kembali perlahan.
6. cetak bulat pake tangan
7. Jemur sampai dengan kering
8. Goreng dalam minyak panas dan terendam sambil ditimba2...


Note :  Jadi sekitar 30 buah

13 March 2011

Cumi Masak Cabe Hijau

Ada cumi yg udah dibersihkan di freezer, beli dipasar 2 hari lalu yg sebagian sudah kubikin cumi bakar bumbu madu, tintanya juga sudah kubuang sekalian, tadinya si cumi ini mau dibuat cumi crispy, tapi dipikir bikin yg gampang aja dech buat makan siang tadi.


Cumi Masak Cabe Hijau

Bahan :

400 gr cumi basah
1/2 buah bawang bombay
3 buah cabe hijau
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat ukura besar
1 btg serai,ambil bagian putihnya memarkan
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
garam secukupnya
kecap manis secukupnya
1 lbr daun jeruk
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat
1. Bersihkan cumi, potong jadi 2, cuci bersih lumuri dengan air jeruk nipis diamkan 15 menit,,  cuci kembali..titriskan
2. Iris bawang bombay, bawang dan bawang putih
3. Potong cabe hijau sesaui selera
4. Potong  tomat sesuai selera
5. Panaskan wajan.masukkan minya biarkan panas, masukkan irisan semua jenis bawang, sampai wangi
6. Masukkan Potngan cumi aduk.
7. Tambahkan potongan tmat, cabe hijau, lengkuas , jahe, serai dan daun jeruk aduk, kembali
8. Tambahkan garam dan kecap manis
9. Masak sampai air yg keluar dari cumi tinggak sedikit.

Note :
Tidak perlu ditambahkan air, karena saat masak cumi akan keluar air.

12 March 2011

Pudak Jagung



Teringat 7 tahun lalu pertama bikin Pudak jagung ini, untuk suguhan acara pengajian sebelum pernikahan sepupuku, saat itu aku bikin 3 jenis makanan tradisional, nah yg ini  jadi favoritnya tamu, saat itu terlihat unik beda dari suguhan kue yg biasa.
Dulu pertama bikin resepnya aku dapat dari Tabloid Nova, yg sudah tak kusimpan lagi.

Tapi pagi ini aku pake resep perkiraanku saja, tentu saja dengan perhitungan agar tidak sampai keenceran atau kekentalan minimal bagaimana agar bisa menemukan formula yg tepat.

Jagungnya aku beli pas kepasar malam hari rabu lalu, lagi musim jadi banyak dimana2

Pudak Jagung
ala daniar

Bahan :

300 gr jagung yg sudah dipipil ( 2 bonggol besar ) blender jangan sampai hancur
2 sdm gula pasir  ( disesuaikan dengan jenis jagungnya kalau yg jenisnya manis gula bisa dikurangi )
2 sdm maizena
50 ml santan kental
100 gr kelpa parut
1 butir telur
garam secukupnya
Kulit jagung untuk membungkus

Cara Membuat :
1. Panaskan dandang terlebih dahulu
2. Campur semua bahan jadi satu
3. Ambil 2 lembar daun jagung, masukkan 2 sdm lebih adonan, tutup/gulung perlahan agar adonan ga meleber keluar
4. Kukus selama 40 menit
5. Angkat, dinginkan






09 March 2011

Laksa Ayam



Tadi pagi pas waktunya ke pasar, kepikiran bikin laksa ayam, kebetulan pula dipasar kelapa lagi banyak tidak seperti minggu kemarin yg kosong disemua tempat.

Biasanya kalau masak apapun,  takaran bumbu ikut feeling, ga pernah ditimbang2, asal enak menurutku ya cukuplah.. tapi sekarang mulai berniat masak apapun, harus dicatat..biar tangan kiri nyemplung yg kanan nyatat resep alasannya, kadang  ada teman yg menanyakan resepnya saat foto sudah terpajang.

So inilah laksa ayam ala Daniar :-)

Laksa Ayam

Bahan  :
500 gr Ayam  ( bagian dada ) dipotong jadi 2 bagian
500 ml air untuk merebus
Jeruk Nipis
600 ml santan yg sedang kentalnya
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Yang dihaluskan :

8 butir bawang merah /30 gr
3 butir bawag putih / 15 gr
1 1/2 ruas jari kunyit yg dibakar
1/2  sdt merica butiran
1 sdt garam ( secukupnya )

Bumbu lainnya :

1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
1 batang sereh/serai digeprek
1 lbr daun jeruk
1 lbr daun salam
1/2 sdt gula pasir
1/2 batang bunga kecombrang

Untuk Pelngkap :
Bihun yg direbus sebentar di air mendidih angkat, tiriskan
Tauge, dibuang akarnya , cuci, seduh di air panas sebentar saja
Telur rebus
Bawang goreng
Irisan daun bawang
Jeruk nipis
Sambal cabe rawit

Cara Membuat :

1. Bersihkan ayam, cuci bersih lumuri jeruk nipis, cuci kembali, sisihkan.
2. Didihkan 500 ml air
3. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan di api kecil sampai masak ( berminyak ), tambahkan jahe, lengkuas dan daun salam dan serai, aduk sebentar angkat, masukkan kedalam rebusan air.
4. Masukkan daun kecombrang dan gula pasir
5. Masukkan daging ayam tadi, rebus sampai  matang, angkat suwir2, sisihkan
6. Rebus 600 ml santan di api sedang, sambil diaduk sampai mendidih, masukkan kedalam sisa rebusan ayam tadi, masak kembali sebentar.

Cara penyajian

Tata di mangkuk, bihun yg sudah direbus, tauge, potongan telur rebus dan suwiran ayam, irisan daun bawang siram dengan kuahnya, tambahkan perasan jeruk nipis, taburi bawang goreng dan sambal cabe rawit.
Hidangkan panas-panas.

Selamat menikmati..dijamin satu mangkuk ga cukup  heheh








03 March 2011

Lapis Lam ( Khas Banjarmasin )


Di minggu ini memang berencana bikin kue lapis, karena udah kangen sekali makan kue lapis, bahan2 pun sudah siap , rencananya mau bikin kue pepe.
Karena nongkrongin milis tiap hari ehhh ko kebetulan  ada yg sharing resep lapis yg aku belum pernah nyoba makan dan bikin ,Lapis Lam  khas Banjarmasin. Diputuskan ganti rencana dari kue pepe ke lapis Lam.

Bikinnya cuma 1/4 resep menggunakan loyang loaf ukuran 7 x 20 cm,  soalnya aku seorang yg makan, hasilnya memang enakkkkk pisann :-)

Sudah minta ijin yg punya resep, resepnya diposting disini.


Lapis Lam (khas Banjar)
by Sari Ratna Harijani

Bahan:
Telur ayam 18 butir
Gula pasir 500 gr
Tepung Terigu 8 sdm
Santan Kendal 4 1/2 gelas (dr 2btr kelapa + air perasan daun pandan)
Mentega. 200gr,lelehkan
Susu kental manis 1 kaleng
Coklat bubuk. 2sdm(pakai yg baik biar ga pahit)

Cara:
Campur semua bahan bisa dimix/blend,kemudian bagi 2
Separuh adonan tambahkan coklat bubuk 2 sdm muncung(duuh...bhs bakunya apa yaa?)
Kemudian di mix sebentar hingga rata aja.
Kukus di atas loyang(26x26cm) yg dilapisi plastik dan telah dioles minyak.
Mulai masukkan adonan lapis demi lapis selang seling setiap 5 menit.
Setelah semua adonan habis,kukus sampai matang -+ 15 s/5 30mnt.

Tips: saat mengukus tutup dandang dilapisi kain ya biar ga netes airnya.