19 March 2011

Pepes Cumi Basah Kecombrang


Ketemu kemangi dipasar yg mungkin hanya setahun 2 x,  yang selalu  menyerang otakku kalau ketemu kemangi adalah bikin pepes, jadilah kemarin tuh sekalian bikin pepes Sayap Ayam , bagian ayam yg paling aku doyan terus bikin pepes Cumi basah biar sekalian ngukusnya pake kukusan yg gede.

Pertama kalinya dalam hidupku iseng bikin pepes cumi, kebetulan lagi musim dipasar banyak banget cumi yg gede2 seger, lagi bosen dibakar madu  atau di asam manis.

Kalau soal bumbu mah... ngga pernah gagap dan gugup kalau masak, bebas berkreasi kadang suka kaget sendiri sama hasilnya.. enakkkk pisannn, si cumi ini lembuttt , wajarlah aku kukus hampir 2 jam kayaknya di api kecil bumbupun meresap.

Resepnya nih...

Pepes Cumi Basah bunga kecombrang
by Rosdaniar

Bahan :

1/2 kg cumi basah, bersihkan tintanya, cuci bersih, lumuri jeruk nipis, potong 2 bagian, cuci kembali tiriskan
daun secukupnya untuk membungkus

Bumbu yg dihaluskan :

3 butir kemir yg sudah disangrai
1/2 sdt ketmbar yg sudah disangrai juga
1/4 sdt merica biji
1/2 sdt garam /sesuai selera
1 buah cabe merah diambil bijinya
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih

Bumbu lainnya :

15 gr bawang daun iris
1 ikat kemangi siangi
2 ruas jari jahe potong dibagi 4
2 ruas jari lengkuas dibagi 4
4 buah serai,  geprek potong ambil bagian putihnya
1 buah tomat dipotong 4
1/2 buah kecombrang atau honje diiris
daun salam ( kalau ada )

Cara Membuat :

1. Panaskan dandang / kukusan
2. Siapkan daun potong menurut ukuran yg diinginkan, bersihkan bagian dalamnya dengan lap basah /tiesue  dapur
3. Lumuri Cumi basah dengan bumbu yg sudah dihaluskan, bagi 4 bagian
4. Bentangkan 2 lembar daun..isi dengan kemangi, daun bawang, dan cumi basah, letakkan 1 potong lengkuas, jahe, serai, daun salam, dan sedikit irisan bunga kecombrang, bentuk tum..tusuk dengan tusuk gigi
5. Kukus kurang lebih 2 jam api kecil sampai dengan matang
6. Sajikan dengan nasi panas, sambel dan lalapan

Untuk 4 bungkus.

Catatan :
Untuk lebih cepat bikin pepes, kalau aku kemiri, merica dan ketumbar memang sudah siap pakai, jadi kalau sekalian beli..langsung disangrai, dinginkan simpan di tupperware, selalu siap untuk digunakan.

No comments: