14 March 2011

Ranginang / Rengginang


Terakhir kepasar, sekalian beli si beras ketan putih ini, cukup 1 kg saja niat awal mau bikin Ulen, alais ketan  goreng, tapi... jadinya malah ranginang , kenapa ? karena ngga butuh kelapa , soalnya pas kepasar kelapa cukup untuk bikin laksa doang hihihi ya sudah lah...langsun kepikiran bikin si ranginang ini.

Bikin nya sih tebilang cepat lah, godaannya...yg hari2 disini biasa panas mentrang mentreng dari pagi ampe sore, ko ya kebetulan pas jemur ranginang, mendung2 aja..walau ga ad hujan :-) akhirnya setelah 3 hari kalu ga salah baru bener2 kering dan siap dipanen alias digoreng. :-)

Resep dan cara bikinnya, mengikuti apa yg pernah alm mamah ajarkan padaku, aku bikin 1/2 resep aja, dengan pemikiran kalau ngga sukses, karena  tahunan ngga bikin ngga terlalu banyak terbuang, Alhamdulillah sukses...

Ranginang

Bahan :
1/2 kg beras ketan  cuci bersih rendam  1- 2 jam, cuci sekali lagi
1 sdt garam
2 btr bawang putih
minyak untuk menggoreng
1/2 sdt terasi

Cara Membuat
1. panaskan dandang/kukusan
2. masukkan beras ketan yg sudah direndam tadi
3. kukus sampai matang +/- 40 menit, sambil sesekali diperciki air dan diaduk perlahan dan rata
4. Setelah matang, kipas2 sampai uapnya hilang, tambahkan garam dan bawang putih yg sudah dihaluskan, aduk merata.
5. ketan yg sudah dikasih garam dan bawang putig tadi, dibagi 2, yg setengahnya ditambahkan terasi yg sudah kusangrai sebelumnya sekitar 1/2 sdt , aduk rata kembali perlahan.
6. cetak bulat pake tangan
7. Jemur sampai dengan kering
8. Goreng dalam minyak panas dan terendam sambil ditimba2...


Note :  Jadi sekitar 30 buah

1 comment:

Eko said...

Salam kawan,
Mari temukan camilan rengginang enak di blog kami.

http://camilanrengginangenak.blogspot.com/

Terimakasih