19 April 2011

Green Tea & Almond Bread


lagi senang makan roti, jadi mulai bereksperimen juga, almond dan green tea memang sangat kusuka, jadinya bikin roti dengan kandungan bahan tersebut, ternyata rasanya enak, tadinya mau ku isi ganache ehh malah lupa, ya sudah di buat polesan aja.

Almond & Green Tea Bread
By Rosdaniar

Bahan A :

175 gr tepung terigu protein tinggi
25 gr Almond bubuk
1 sdt serbuk green tea ( matcha )
1 sdm muncung gula pasir
5 gr Yeast
75 ml freshmilk

Bahan B
25 gr butter
½ sdt garam

Olesan Atas :
I butir kuning telur campur dengan whc ( optional )

Cara Membuat 
A ( Bread Machine )
1. Campurkan semua Bahan A dalam mangkuk bread machine
2. Pilih menu “ Dought” , tekan tombol “start”
3. Setelah menyatu semuanya, masukkan bahan B
4. Biarkan mesin bekerja kembali sampai adonan benar2 mengembang
5. Setelah adonan mengembang keluarkan adonan dari mangkuk, kempiskan.
6. Ambil adonan, bentuk bulat2 seberat 40 gr, diamkan sebentar sampai terlihat kembali mengembang.
8. Sapu bagian atasnya dengan bahan olesan
9. Bakar di suhu 220 derajat selama 15 menit

B( Cara Manual )

1. Campur semua bahan A jadi satu uleni sampai tercampur rata, tambahkan bahan B uleni lagi sampai kalis elastis
2. Biarkan sampai mengembang 2 x lipat, setelah mengembang kempeskan adonan, potong 2 adonan dan timbang 40 gr,bentuk bulat
3. Diamkan kembali adonan sampai mengembang lagi
4. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur yg dicampur whc ( optional 0
5. Bakar dengan panas Oven 220 derajat, selama 15 menit

Jadi 10 buah
Olesan Roti,  Green Tea Ganache :
100 gr white cooking coklat
50 gr whipping cream
1/4 sdt green tea bubuk

panaskan whipping cream, tambahkan white cooking coklat aduk rata, tambahkan green tea aduk sampai green tea larut. Dinginkan

Bolu Kukus Almond, saffron & Orange


Bereksperimen lagi , bikin bolkus.. yang ada campuran almond , saffron dan perasan orange dan tambahan parutan kulit orangenya.

Rasanya unik sekali... saffronnya ngga banyak 1/2 sdt aja. Tapi memberikan sensasi rasa yg berbeda, apalagi dengan campuran fresh orange dan almond.

Waktu masukin pewarna yg salah warna , harusnya pewarna orange,ko malah kuning,  udah nanggung kukus aja.. baru kepikiran  setelah semua matang, kenapa ga ditambahin warna merah aja dkit biar warnanya sedikit orange , das dor telat :-)

Bolkus Almond Saffron & orange
by Rosdaniar

Bahan :

1 butir telur
100 gr gula pasir
100 gr terigu protein rendah
25 gr almond bubuk
2 buah orange ukuran besar peras airnya ukur jadi 100 ml
1/2 sdt emulsifier
1/4 sdt bp
1/2 sdt parutan kulit orange
1/2 sdt saffron
2 tetes pewarna kuning /orange

Cara Membuat :
1. Panaskan dahulu dandang/kukusan
2. Siapkan cetakan ( untuk yg ini aku pake loyang muffin satuan yg besar ) alasi dengan papercup
3. Masukkan semua bahan kedalam mangkuk, aduk dengan mikser kecepatan rendah beberapa saat, lanjutkan dengan kecepatan tinggi sampai mengental ( kurang lebih 8 menit )
4.Sendokkan adonan dalam cetakan, sampai penuh
5.Kukus dalam dandang yg sudah panas dan beruap banyak selama 15 menit, lapisi tutup dandang dengan serbet dobel.

Hasil  6 bolu kukus ukuran cup besar











17 April 2011

Roti Berempah



Percobaan kedua menggunakan koleksi resep dari suami,resep aslinya namanya sih crossball, jadi roti bulat ditambahkan adonan yg dibentuk garis menyilang. Dengan alasan kepraktisan ( kalau ngga dibilang malas heheh ) aku bentuk bulat aja.

Melihat kandungan resepnya , ada beberapa rempah seperti cardamon, kayu manis, dan jahe, ditambah parutan kulit lemon, jadi biar mudah aku sesuaikan saja namanya  " Roti Berempah "

Nah untuk resep ini, olesannya dari  gula pasir yg dicampur air kalau yg sebelumnya dan normalnya kalau aku telur saja atau suka kutambahn whc kalau lagi ada, biar nampak bening :-)

Soal rasa, saat hujan seperti ini, makan roti berempah ada hangat jahenya, harum kayu manis dan cardamonnya, plus wangi lemonnya,ditambah segar-segarnya raisin,  dibarengi teh hangat.. alhamdulillah nikmat :-)

Karena aku menggunakan Bread Machine,  memang ga perlu mengeluarkan otot2 seperti jaman aku masih di Bandung, dalam usaha mensyukuri juga kan, ya mari kita manfaatkan kemudahan, lagian suami ngga mau liat aku nguleni roti, berat kata dia heheh
Roti Berempah

Bahan A :

450 gr tepung protein tinggi
½ sdt kayu manis
½ sdt cardamon
¼ sdt jahe
50 gr gula pasir
12 gr Yeast
200 ml freshmilk
1 butir telur

Bahan B :
½ sdt garam
50 gr butter

Bahan C :
100 gr raisin
1 sdm parutan kulit jeruk lemon

Bahan D
Campur jadi satu
50 gram gula pasir
2 sdm air

Cara Membuat :
A. Bread Machine
1. Campurkan semua Bahan A dalam mangkuk bread machine
2. Pilih menu “ Dought” , tekan tombol “start”
3. Setelah menyatu semuanya, masukkan bahan B
4. Biarkan mesin bekerja kembali sampai adonan benar2 mengembang
5. Setelah adonan mengembang keluarkan adonan dari mangkuk, kempiskan.
6. Tambahkan parutan kulit lemon dan raisin, biarkan mengembang kembali 15 menit
7. Ambil adonan, bentuk bulat2 seberat 35 gr, diamkan sebentar sampai terlihat kembali mengembang.
8. Sapu bagian atasnya dengan bahan D
9. Bakar di suhu 230 derajat selama 15 menit

B. Manual  :
1. Masukkan Bahan A dalam mangkuk, uleni rata
2. Tambahkan Bahan B, uleni lagi sampai kalis
3. Biarkan mengembang 2 x lipat
4. Kempeskan adonan, masukkan Bahan C, diamkan lagi 15 menit
5. Ambil adoanan timbang seberat 35 gram, bentuk bulat, birkan mengembang kembali
6. Sapukan bahan olesan diatasnya
7. Bakar dalam oven dengan suhu 230 derajat selama 15 menit.

Hasil Akhir 22 buah

15 April 2011

Bolkus Oat & Strawberry Yoghurt


Ide bikin bolkus ini saat sarapan pagi Oatmeal dicampur Yoghurt, Tapi untuk bikin bolkus ini aku pilih Yoghurt strawberry aja, biar ada rasa seger2nya juga, sempat ke Spm tadi sekalian belanja sekalian nyari Strawberry segar niatnya mau kucampur diadonan, ternyata lagi kosong, ya sudah cukup si yoghurt Strawberry ini saja.

Bolkus Oat and Strawberry Yoghurt
By Rosdaniar

Bahan
50 gr oatmeal haluskan dengan blender
75 gr tepung terigu protein rendah
1 butir telur
125 gr gula pasir
135 gr yoghurt strawberry (cup kecil ) campur dengan air biasa, sampai jadi 100 ml
½ sdt emulsifier
¼ sdt Baking powder
2 tetes pasta strawberry

Cara Membuat :
1. Panaskan dandang/kukusan sampai beruap banyak
2. Siapkan cetakan bolkus/muffin kecil lapisi kertas
3. Masukkan semua bahan dalam mangkuk, Mixer dengan kecepatan rendah beberapa saat, lalu mixer dengan kecepan tinggi sampai mengental , kurang lebih 8 menit
4. Sendokkan adonan pada cetakan yg sudah dilapisi kertas tadi, kukus selama 15 menit. Lapisi tutup dandang dengan serbet

Hasil akhir 10 buah

14 April 2011

Cardamon & Raisin Bread


Lagi kepingin belajar Danish Bread,  Kebetulan suami menghadiahiku bermacam resep dalam bentuk kartu ada lebih dari 1000 resep dalam Bahasa Denmark,  termasuk didalamnya  berbagai macam resep  roti, tadi nyoba yg ini, Roti dengan campuran Cardamon / kapulaga ditambah Raisin / Kismis juga parutan kulit lemon, wangi dan rasanya unik sekali, tapi tetap terasa butternya.

Melihat resepnya pemakain Butter 3/4 dari jumlah tepung, no wonder lembut dan harum sekali :-)

06 April 2011

Green Tea Macarron

Dari tahun kemarin baca tentang Macaroon ini dimilis, kalau yg ada laporan hasilnya cuma bisa bengong bengong aja..sambil mikir kapan ya aku bisa bikin, tapi baca2 terlampau banyak trik nya, walau udah beli almond nya, ngga jadi lagi sampe si almond berubah jadi makanan lain, terus sedikit terlupakanlah si macaroon.

Nah berawal dari laporan mbak Ina Kornie, http://mamadidapur.blogspot.com// di milis NCC, tertanggal 9 Maret 2011, dibaca... kok kesannya simple ya, 2 hari setelah mbak Ina posting, langsung dech ngecek si almond di kulkas nimbang cuma ada 75 gr, ya sudah dibikin 3/4 resep aja.

Dan hasil pertamaku itu hiya...berhasil langsung keluar kaki tapi pendek ngga puas, ini karena ngga sabar yg seharusnya didiamkan 60 menit sebelum dibakar ( kalau disentuh jari adonan ga melekat lagi ). Aku main bakar aja sebelum ready. Enak..sukses ngga ada yg melekat diloyang :-). Saat itu bikin pake essence strawberry isiannya..ganache coklat yg kebetulan sudah ada dikulkas.

Nah ini hasil pertamaku tgl 11 maret bulan lalu

kemarin bikin lagi, aku ikutin resep bener2 plek ketiplek, sampai adonan yg sudah dicetak ga melekat dijari walau harus lebih dari 60 menit. Tapi melihat kakinya keluar lebih panjang dari dulu..senangnya bukan main.

Oh iya diresep panas oven 150 derajat, ovenku 130 derajat sudah cukup panas untuk baking macarron ini, pengalaman pertama ada sebagian agak retak2 atasnya.

Aku bikin semuanya rasa green tea, isiannya campuran butter yg dikoocok ditambahkan green tea gananche.

Resep filling  Green tea Ganache nya :

white cooking coklat
whipping cream
1/4 sdt green tea bubuk
panaskan whipping cream, tambahkan white cooking coklat aduk rata, tambahkan green tea aduk sampai green tea larut. Dinginkan

Kocok Butter secukupnya samapi menjadi cream, tambahkan ganache diatas, kocok kembali


Resepnya  ( dari Ina Kornie )

100 gr almond bubuk
100-110 gr putih telur (sekitar 3 putih telur), diamkan dalam mangkok yang di tutup plastik wrap pada suhu ruangan semalam.
200 gr icing sugar/gula halus  ----  dikurangin 5 gr diganti green tea bubuk
4 sdm (sekitar 45 gr) gula kastor


White chocolate ganache
-150 gr white chocolate, potong2
-150 ml cream, didihkan
-1tetes pewarna (optional)

Cara membuat :

Ganache

Tuang chocolate putih dalam mangkok tahan panas. Tuang cream panas , diamkan sebentar dan aduk perlahan-lahan sampai tercampur rata. Sisihkan sampai dingin dan cukup kental untuk di semprotkan ke macaron.

Macarons

Haluskan almond bubuk dalam food processor sampai butirannya menjadi lebih halus. Ayak untuk lebih yakin.

Campur bubuk almond dengan gula halus. Aduk rata, ayak lagi jika perlu.

Kocok putih telur sampai berbusa, masukan gula kastor sesendok-sesendok dan teruskan mengocok sampai berkilat dan kaku (jika di balik adonan tidak akan jatuh dari mangkoknya)

Masukan bahan kering, aduk dengan spatula. Tambahkan pewarna jika suka. Jangan terlalu banyak diaduk. Adonan dapat di katakan siap di cetak jika dituang adonan akan turun perlahan membentuk pita.

Tuang adonan dalam plastik segitiga/piping bag yang telah di pasang spuit ‘plain’

Cetak di dalam loyang datar yang telah di lapis baking paper, dengan diameter 2,5 – 3 cm.

Adonan akan ‘melebar’ perlahan. Beri jarak.

Diamkan selama 60 menit, agar lapisan atas kering dan membentuk kulit (tandanya jika di sentuh dengan jari adonan tidak akan lekat di jari)

Panaskan oven pada suhu 150⁰C. Panggang macarons selama 10 -12 menit atau sampai kulit macarons mengering pada saat kita sentuh.

Keluarkan dari Oven dan biarkan dingin. Lepaskan dari baking paper. Jika ada yang agak lengket, jangan di paksa. Masukan kedalam oven yang masih panas selama 3-5 menit. Coba lepaskan lagi.

Setelah dingin dengan bantuan piping bag isi macaron dengan bahan isi ke bagian tengah dan tutup dengan macaron

Note: Macarons yang telah di isi dapat di simpan dalam kulkas selama seminggu atau lebih lama lagi dalam freezer.

04 April 2011

Almond Ganache Kukus


Ide Resepnya Dari Opera Cake, karena bahannya dari almond, Coklat, whipping cream dan sedikit butter, ide ini datang begitu saja saat bikin BDCK buat suami akhir bulan kemarin, jadi sebelum ide bolkus asinan keluar, tapi mau dibikin langsung nanti kebanyakan kue dirumah takut ngga termakan, Kebetulan juga hari ini ada janji mau ketemu teman, jadi buat buah tangan.


Saat Chatting dengan Mama Ajaib, Marlian Masri ternyata diapun punya ide yg sama, aku bilang kalau mau buat duluan kupersilahkan, dia bilang ngga penting siapa yg bikin duluan yg penting Mekrok..

ya akhirnya selepas masak buat makan siang tadi, kebetulan juga suami mintanya yg simpel. Jadi beres masak langsung bikin.

Deg-degan tetap ada tapi keyakinanku mengalahkan deg2an itu sendiri, pas dandag kubuka hiyaaa mekar lagi..tetep senang tetap tepuk tangan heheh.

Kucoba makan satu, hmmm almond dan cokelatnya bercampur jadi satu dalam kelembutan bolkus.. Enak rasanya...

Oh iya..Semua Bolkus yg kulaporkan, memang bahannya ada dirumah jadi ngga sengaja beli , hanya memanfaatkan bahan yg ada.

Almond Ganache Kukus

By Rosdaniar

Bahan :

Bahan A :

1 Butir telur

125 gr gula castor

½ sdt emulsifier



Bahan B :

100 gr tepung terigu protein rendah

25 gr almond bubuk /halus

¼ sdt baking powder


Bahan C :

25 gr Dark cooking cokelat

25 gr Butter

75 gr Whipping Cream ( Whc )

½ sdt kopi yg dilarutkan dengan 1 sdt air panas

Ukur semua bahan C jadi 100 ml ( kalau aku ini pas banget jadinya 100 ml )

Cara Membuat :

1. Bahan C

Panaskan Whc, tambahkan butter, dan dcc, aduk rata sampai butter dan coklat mencair, tambahkan cairan kopi. Sisishkan dinginkan

2. Panaskan dandang/ kukusan

3. Siapkan cetakan muffin satuan ukuran kecil, lapisi dengan paper case

4. Kocok Bahan A , sampai mengembang dan kental

5. Masukkan Bahan B, dan C secara bergantian, sambil dikoocok dengan mikser kecepatan rendah, sampai kedua bahan habis ( 3 x masuk )

6. Sendokkan adonan ke dalam cetakan

7. Kukus selama 15 menit. Dengan tutup dandang dilapisi serbet dobel

01 April 2011

Bolkus Asinan






Virus bolkus masih menyerang diriku.. dan belum mau pergi juga hehheh

Bikin Bolkus ini tadi pagi. Pas semalam ngemil asinan sambil FB an..

Asinan nya bikin Pagi kemarin, biasakan kalau makan asinan, sampai kuahnya ngga rela kalau nyisa, diseruput...ehhh ko ya tuch ide bolkus langsung mentok dikepala, achhh kupikir ga ada salahnya dicoba...kalaupun gagal itu mah biasa, namanya juga mencoba sesuatu yg baru. Tapi pengalaman waktu ikutan Soes Week, bikin soes aku nyoba cairannya diganti kuah asinan dan alhamdulillah berhasil. Berangkat dari situlah yakin juga mau bikin bolkus asinan ini.

Akhirnya sambil mikir sambil nyatet bahan2nya,walau tetep bahan dasar bolkus ya itu2 juga, hanya cairannya aku ganti dengan kuah asinan.

Nah tadi pagi...setelah urusan rumah dan suami beres, ke dapur lah. Pake metode yg semua dicampur dan dikocok jadi satu, dalam adonannya kutambahin juga 2 potong Nanas dan dua butir anggur tanpa biji yg diiris kecil-kecil. Kukukus 15 menit dibuka, Hiyaaaaa mekar walau ngga semuanya 4 tapi ada juga yg 3. Menurutku warna nya jadi cantik orange2 gitu lho, kan dari kuah asinan yg merah asli cabe. Rasa Bolkusnya itu sendiri hmmm lembut, ada asam manis, segar, ada rasa hangat cabe nya juga.

Asinan Buahnya Ala Asinan Gelora Mbak Mka Malika, yang segarnya asli dari Jeniper alias jeruk nipis peres dan Lemon

Bolkus Asinan
by Rosdaniar

Bahan
1 Butir telur
100 gr terigu
120 gr Gula Castor
100 ml kuah asinan buah
25 gr nanas dan anggur yg diiris kecil2
1/2 sdt emulsifier

1/4 sdt baking Powder

Cara Membuat :

1. Siapkan cetakan bolkus ( aku pake cetakkan muffin yg kecil ) alasi dengan paper case
2. Panaskan Dahulu Dandang/kukusan sampai beruap banyak
3. Campur Semua bahan diatas dalam wadah jadi satu dan kocok sampai mengental +/- 8 menit
4. Sendokkan adonan kedalam cetakan sampai penuh.
5. Kukus selama 15 menit dengan tutup dandang dilapisi serbet dobel



Hasil akhir 10 buah

Daun Singkong Masak Santan


Paling Senang yang namanya sayur daun singkong yg direbus, terus dimasak santan,  seperti yg sering dibuat  alm Mamahku , tapi biasanya alm, masaknya bukan ditaburin teri, tapi kacang merah yg digoreng, berhubung disini mah ngga ada kacang merah yg segar dipasar, adanya yg di SPM kalengan itupun Baked Bean, ngga suka terus adanya kacang merah yg jenis kering, jadi kudu direbus yg ngerebus nya aja lama.

Lupa ngga ditimbang berapa gr si daun sinkong ini, jadilah ngga bisa menyeratkan resep nya disini, kecuali jenis bumbunya aja dech :

Bahan :
Daun singkong rebus

Bumbu Haluskan :

Cabe merah
Bawang Merah
Bawang Putih
Kemiri
ketumbar dikit

Bumbu lain
lengkuas seruas jari
Daun jeruk
Santan
Garam dan gula

Cara membuatnya :
1. Rebus singkong sampai matang, angkat tiriskan ( diperas airnya ) sisihkan
2. Siapkan wajan, masukkan sedikit minyak tumis bumbu yg dihaluskan, sampai berminyak tambahkan bumbu lainnya, masukkan  santan, masukkan rebusan daun singkong tadi, aduk masak..sampai sanatan agak asat.
3. Taburi dengan teri goreng