06 April 2011

Green Tea Macarron

Dari tahun kemarin baca tentang Macaroon ini dimilis, kalau yg ada laporan hasilnya cuma bisa bengong bengong aja..sambil mikir kapan ya aku bisa bikin, tapi baca2 terlampau banyak trik nya, walau udah beli almond nya, ngga jadi lagi sampe si almond berubah jadi makanan lain, terus sedikit terlupakanlah si macaroon.

Nah berawal dari laporan mbak Ina Kornie, http://mamadidapur.blogspot.com// di milis NCC, tertanggal 9 Maret 2011, dibaca... kok kesannya simple ya, 2 hari setelah mbak Ina posting, langsung dech ngecek si almond di kulkas nimbang cuma ada 75 gr, ya sudah dibikin 3/4 resep aja.

Dan hasil pertamaku itu hiya...berhasil langsung keluar kaki tapi pendek ngga puas, ini karena ngga sabar yg seharusnya didiamkan 60 menit sebelum dibakar ( kalau disentuh jari adonan ga melekat lagi ). Aku main bakar aja sebelum ready. Enak..sukses ngga ada yg melekat diloyang :-). Saat itu bikin pake essence strawberry isiannya..ganache coklat yg kebetulan sudah ada dikulkas.

Nah ini hasil pertamaku tgl 11 maret bulan lalu

kemarin bikin lagi, aku ikutin resep bener2 plek ketiplek, sampai adonan yg sudah dicetak ga melekat dijari walau harus lebih dari 60 menit. Tapi melihat kakinya keluar lebih panjang dari dulu..senangnya bukan main.

Oh iya diresep panas oven 150 derajat, ovenku 130 derajat sudah cukup panas untuk baking macarron ini, pengalaman pertama ada sebagian agak retak2 atasnya.

Aku bikin semuanya rasa green tea, isiannya campuran butter yg dikoocok ditambahkan green tea gananche.

Resep filling  Green tea Ganache nya :

white cooking coklat
whipping cream
1/4 sdt green tea bubuk
panaskan whipping cream, tambahkan white cooking coklat aduk rata, tambahkan green tea aduk sampai green tea larut. Dinginkan

Kocok Butter secukupnya samapi menjadi cream, tambahkan ganache diatas, kocok kembali


Resepnya  ( dari Ina Kornie )

100 gr almond bubuk
100-110 gr putih telur (sekitar 3 putih telur), diamkan dalam mangkok yang di tutup plastik wrap pada suhu ruangan semalam.
200 gr icing sugar/gula halus  ----  dikurangin 5 gr diganti green tea bubuk
4 sdm (sekitar 45 gr) gula kastor


White chocolate ganache
-150 gr white chocolate, potong2
-150 ml cream, didihkan
-1tetes pewarna (optional)

Cara membuat :

Ganache

Tuang chocolate putih dalam mangkok tahan panas. Tuang cream panas , diamkan sebentar dan aduk perlahan-lahan sampai tercampur rata. Sisihkan sampai dingin dan cukup kental untuk di semprotkan ke macaron.

Macarons

Haluskan almond bubuk dalam food processor sampai butirannya menjadi lebih halus. Ayak untuk lebih yakin.

Campur bubuk almond dengan gula halus. Aduk rata, ayak lagi jika perlu.

Kocok putih telur sampai berbusa, masukan gula kastor sesendok-sesendok dan teruskan mengocok sampai berkilat dan kaku (jika di balik adonan tidak akan jatuh dari mangkoknya)

Masukan bahan kering, aduk dengan spatula. Tambahkan pewarna jika suka. Jangan terlalu banyak diaduk. Adonan dapat di katakan siap di cetak jika dituang adonan akan turun perlahan membentuk pita.

Tuang adonan dalam plastik segitiga/piping bag yang telah di pasang spuit ‘plain’

Cetak di dalam loyang datar yang telah di lapis baking paper, dengan diameter 2,5 – 3 cm.

Adonan akan ‘melebar’ perlahan. Beri jarak.

Diamkan selama 60 menit, agar lapisan atas kering dan membentuk kulit (tandanya jika di sentuh dengan jari adonan tidak akan lekat di jari)

Panaskan oven pada suhu 150⁰C. Panggang macarons selama 10 -12 menit atau sampai kulit macarons mengering pada saat kita sentuh.

Keluarkan dari Oven dan biarkan dingin. Lepaskan dari baking paper. Jika ada yang agak lengket, jangan di paksa. Masukan kedalam oven yang masih panas selama 3-5 menit. Coba lepaskan lagi.

Setelah dingin dengan bantuan piping bag isi macaron dengan bahan isi ke bagian tengah dan tutup dengan macaron

Note: Macarons yang telah di isi dapat di simpan dalam kulkas selama seminggu atau lebih lama lagi dalam freezer.

No comments: