11 May 2011

Bika Ambon ( Medan )

Bika ambon adalah kue tradisional Indonesia tepatnya berasal dari Medan, bikin kue ini sebagai PR Let's Bake Together yg ke 5 temanya Kue Tradisional Indoenesia yg dipanggang/dibakar.

 LBT sebuah group di Facebook. Karena aku baru bergabung dan masih jadi calon anggota, ini jadi PR pertamaku.

Waktu terima inbox tentang di approve jadi calon anggota, pas kebetulan lagi di Kl,  dalam rencana perjalanan Hk dan Shenzhen selama 2 minggu, jadinya ngga punya cukup waktu untuk milih2 resep, nyampe rumah tgl 9 Mei Petang, beres2 dll. Esoknya ngambil dulu mobil ke bengkel karena kejadian sebelum berangkat mobil ditabrak dari belakang, pas pulang mobil dah dalam keadaan mulus lagi, dan bisa pergi ke pasar walau sudah siang, untungnya semua bahan yg kubutuhkan ada semua.

Kepingin bikin bika ambon juga udah lama, jadi resep majalah Sedapnya sudah dipisahkan, tapi terkendala dengan cetakan, nah pas di KL seperti biasa ke TBK nemu cetakan carabikang, walau harga nya mahal  sekitaran 200 rb aku beli lagian bahannya juga bagus tebal, bakalan awet :-)
Cuma memang sebelum dipake ada ritual dulu, dibersihinnya lama dicuci tanpa sabun terus cetakannya dimasukin parutan kelapa , beberapa kali sampe benar2 bersih dan tidak ada lagi warna hitam yg nampak di tisu dapur.

Bika Ambon ini hasilnya enak banget,  lembut tapi  ada kenyal2nya juga, berserat khas bika ambon, dan wangi karena ada campuran kunyit, serai, daun jeruk dan daun pandan. Walau disimpan dikulkas, tadi pagi buat sarapan masih tetap lembut.

Aku bikin 1/2 resep  dengan pemakain ragi instan sebanyak 3 gr dan telurnya menggunakan ayam kampung 4 butir.


Bika Ambon
sumber resep : Majalah Sedap

bahan biang:

100 gram tepung terigu protein sedang
125 ml air
1 bungkus ragi instan
bahan:
300 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh kunyit bubuk
15 lembar daun jeruk sobek-sobek
2 batang serai memarkan
2 lembar daun pandan
1 sendok teh garam
300 gram gula pasir
225 gram tepung sagu tani
25 gram tepung ketan
7 butir telur

Cara Pengolahan :
1.Aduk rata bahan biang. Diamkan 15 menit.

2.Rebus santan, kunyit bubuk, daun jeruk, serai, daun pandan, garam, dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Ukur 450 ml.

3.Campur tepung sagu tani, tepung ketan, dan biang. Uleni dengan mixer baling – baling spiral sampai rata.

4.Tambahkan telur satu persatu sambil diuleni rata menggunakan baling – baling mixer spiral.

5.Masukkan rebusan santan hangat sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan dengan baling - baling mixer telur selama 15 menit. Diamkan 2 jam.

6.Panaskan cetakan kue lumpur dengan ditambah kelapa parut sampai berminyak. Buang kelapanya dan bersihkan dengan lap bersih.

7.Panaskan kembali cetakan dengan api besar. Tuang adonan sampai setinggi 3/4 cetakan. Kecilkan api. Biarkan sampai berlubang-lubang. Tutup dan biarkan sampai matang.

Untuk 36 buah



No comments: