21 November 2011

Ayam Kodok

Akhirnya kesampaian juga bikin ayam kodok, hasil kerja sama dengan pemilik blog http://happyninie.blogspot.com/ , yang kebetulan lagi datang bercuti ke Langkawi.

Memang betul, bikin ayam kodok ini tidaklah mudah, mengambil masa yg agak lama ( untuk kita yg pemula ),  harus sabar dan yg utama harus berhati2 saat melepaskan kulit ayam dari isi nya, dengan tekad harus jadi soalnya beli ayam nya juga satu.. wong yg makan cuma kita berdua :-)


waalu pun tidak mudah, bukan berati tidak bisa dilakukan, selama ada niat dan tekad.. plus bekal Video Youtube tentang cara melepaskan kulit ayam dari dagingnya, kepunyaan MR Icho alhamdulillah jadi juga ternyata, walau robek dibagian bawah, tapi dengan jahitan halus kawanku ini, robekan itu tidak kelihatan lagi.





16 November 2011

Pau Labu Kuning Mini


Kalau ingat cerita dibalik pembuatan Pau ini, rasa-rasanya hampir saja tidak jadi bikin, karena saat pembuatan bahan isinya, dicobain terus ko ya enak banget, terus dan terus tiba2 tinggal setengahnya lagi dech, alhamdulillah dengan memantapkan niat, dan menepiskan keraguan..akhirnya Pau Mini ini jadi juga :-)

Resepnya  kudapat dari buku Pau by Coco Cong, dalam dwi bahasa, China dan English,  dalam buku ini semuanya menggunakan tepung Pau Instan, kupikir ngga ada salahnya mencoba, kebetulan juga disini nyari tepung Tang Mien ga pernah nemu. Jadi beli juga dech tepung Pau Instantnya.. pertama  kali dech beli2 yg instant2  untuk bikin kue :-)

Kalau diingat lagi, jaman masih kecil dulu almarhum  mama, kalau bikin pau ga pernah pake yeast, cukup pakai air kelapa saja, tepungnya yg kuingat cuma terigu aja, isinya "enten" kelapa yg dimasak dengan gula merah, seperti untuk isian dadar gulung, Tapi hasil nya masih terekam dalam ingatan empuk, menul2 dan enak tentu saja. Semua orang pasti setuju apapun buatan mamanya  akan enak :-)

Resepnya ku share disini sudah diterjemahkan secara bebas ya..

Pau Labu Kuning Mini / Mini Pumpkin Pau

Bahan A :
Campur jadi satu sesaat sebelum digunakan :
1 sdt instant yeast
50 ml air hangat

B :
200 gr tepung Pa instant
15 gr terigu
20 gr gula halus
15 gr shortening ( aku pake butter )

C :
120 gr labu kuning dikukus sampai matang, kemudian panas2 dihaluskan

For Filling :
600 gr labu kuning, kukus dengan kulitnya
80 gr gula caster
100 ml santan
1 sdt garam
30 gr butter, suhu ruang

Cara Membuat :
Filling :  Campur labu yg sudah dikukus dengan santan, haluskan dengan juicer. Tambahkan gula dan butter, masak dalam api sedang sampai mengental. Setelah dingin bentuk bulat menjadi 20 bagian

Kulitnya : campur bahan Bdalam mangkuk besar tambahkan bahan A, campur jadi satu sampai rata, tambahkan bahan C. Pindahkan ke meja , uleni adonan sampai menjadi lembut. Pindahkan kembali kedalam mangkuk. Tutup dnegan serbet. Biarkan mengembang selama 30 menit. Ambil adonan dan timbang menjadi 20 gram an. Jadi 20 buah. Bentuk bulat.

Untuk membentuk : ambil  satu adonan kemudian  leperkan. Masukkan bahan filling, bentuk bulat kembali. gunakan spatula untuk membentuk garisan seperti pumpkin. Letakkan dalam paper case. Biarkan kembali mengembang selama 30 menit

Kukus dalam dandang yg sudah dipanaskan, lapisi serbet tutupnya,  kukus selama 5 menit atau sampai  masak.




14 November 2011

Almond & Cardamom bread


Untuk laporan event bulanan LBT, kali ini tema nya sweat bread.
Niat dari malam sebelumnya mau dibikin pagi hari secara manual, sambil mengenang pertama kali belajar bikin roti dari tetehku 20 tahun lalu,

Dan selalu kalau mau bikin roti ya manual, ga pernah pake mikser , baru pas nikah aja pake BM :-)

Tapi, tiba2 saja tadi pagi diajak suami, sailing kemudian nyuci kapalnya.. . walau ngga lama cuma 4 jam dilaut, tapi menguras energi, keringatan dan penat. Jadi kembali pake BM aja dech ya..

Sebetulnya seminggu ini sudah bikin roti 3 kali yg khusus untuk PR, tapinya, belum selesai difoto habis terus, maklum bikinnya pun Cuma dari 250 gr tepung, karena saya tahu suami rotinya lebih ke jenis roti yg padat, ternyata yg ini pun dia suka.

Di adonan nya saya tambahkan Cardomom/kapulaga bubuk. Seperti kebanyakan roti dari negara asal suami, dan saya tambahkan almond bubuk diadonan nya, jadi rasa roti nya memang sedikit berbeda, ketika digigit terasa lembut tapi ada kerenyes2 dan rasa almond dan cardamom,. Permukaan roti pun tidak mulus, tapi seperti ada jerawatnya hehe

Resep dasarnya, dari majalah Sedap Sekejap 2001, Variasi roti unyil yang sudah kumodif . Dengan penambahan Almond bubuk dan cardamom juga.

jumlah air dan telur yg dkurangi.


Roti Almond dan Cardamom

Bahan :

150 gr tepung protein tinggi

50 gr tepung protein sedang

50 gr almond

65 gr gula pasir

½ sdt cardamom /kapulaga bubuk

¼ sdt garam

75 ml air

4 gr fermipan

1 kuning telur

50 gr butter


Cara Membuat :

1.Siapkan mangkuk bread maker, masukkan tepung terigu, gula pasir, dan fermipan
2.Tambahkan telur dan air, baru start mesin.
3.Setelah tercampur beberapa saat , masukkan garam dan butter
4.Biarkan setengah kalis, baru masukkan almond bubuknya
5.Biarkan mesin bekerja sampai kalis.
6.Setelah mesin berhenti, keluarkan adonan , kempiskan.
7.Timbang adonan @ 20 gr, kemudian bentuk sesuka hati.
8.Setelah mengembang kembali, oles bagian atasanya dengan olesan.
9.Bakar dengan suhu 0ven 200 derajat sampai matang.

Catatan :
Semua bahan dalam keadaan dingin, kecuali gula pasir
Hasil akhir jadi 15 biji


CARA MEMBUAT  ( Manual )

1.Campur tepung terigu yang telah diayak, gula, air, kuning telur, dan garam sampai gula larut.

2.Tambahkan ragi instan ke dalam tepung. Aduk rata lalu tuangkan campuran air sambil diuleni hingga kalis.

3.Masukkan margarin dan uleni lagi sampai lembut dan elastis. Diamkan adonan 30 menit. Kempiskan adonan dengan cara meninjunya lalu timbang masing-masing 10 gram.

10 November 2011

Banana Ice Cream ( Home made )



Banana Ice Cream
( kenwood )

2 buah banana
200 ml skimmed milk
100 ml double cream
50 gr caster sugar

01 November 2011

Capcay Udang


Makan siang tadi,  suami minta dibuatkan udang, kebetulan sekali suamiku makannya ngga ribet, kalau masak beberapa jenis masakan dia suka bingung,  kalau masak seperti ini dia suka.. all in one :-)

Capcay Udang
ala  Rosdaniar

Bahan
12 biji udang yg besar ( +/- 200 gram )
100 gram brocoli ( potong perkuntum, cuci bersih )
100 gram wortel (  bersihkan, cuci, potong menurut selera )
75 gram paprika hijau ( potong sesua selera )
2 siung bawang putih
1/ 2 buah bawang bombay ukuran kecil
1 buah tomat ukuran kecil
1 sdm butter untuk menumis
1 sdm minyak wijen
1 sdm saus tiram
1 sdm soy sauce ( kikkoman )
garam secukupnya
1/2 sdm maizena dilarutkan dengan 1/2 cup air panas

Cara membuat :

1. Bersihkan udang, buang kulit dan kepalanya, tinggalkan ekornya, buang kotoran dipunggungnya, cuci bersih kucuri lemon biarkan 10 menit, cuci kembali kemudian tiriskan
2. Panaskan wajan, masukkan butter, tumsi bawang bombay dan babwang putih sampai harum
3. Masukkan udang, masak sampai udang berubah warna
4. Tambahkan brocoli. wortel dan tomat masak dalam api besar aduk2
5. Tambahkan garam, minyak wijen, saus tiram dan soy sauce, aduk rata
6. Terakhir tambahkan larutan maizena, masak sampai keliatan mendidih, angkat sajikan