16 November 2011

Pau Labu Kuning Mini


Kalau ingat cerita dibalik pembuatan Pau ini, rasa-rasanya hampir saja tidak jadi bikin, karena saat pembuatan bahan isinya, dicobain terus ko ya enak banget, terus dan terus tiba2 tinggal setengahnya lagi dech, alhamdulillah dengan memantapkan niat, dan menepiskan keraguan..akhirnya Pau Mini ini jadi juga :-)

Resepnya  kudapat dari buku Pau by Coco Cong, dalam dwi bahasa, China dan English,  dalam buku ini semuanya menggunakan tepung Pau Instan, kupikir ngga ada salahnya mencoba, kebetulan juga disini nyari tepung Tang Mien ga pernah nemu. Jadi beli juga dech tepung Pau Instantnya.. pertama  kali dech beli2 yg instant2  untuk bikin kue :-)

Kalau diingat lagi, jaman masih kecil dulu almarhum  mama, kalau bikin pau ga pernah pake yeast, cukup pakai air kelapa saja, tepungnya yg kuingat cuma terigu aja, isinya "enten" kelapa yg dimasak dengan gula merah, seperti untuk isian dadar gulung, Tapi hasil nya masih terekam dalam ingatan empuk, menul2 dan enak tentu saja. Semua orang pasti setuju apapun buatan mamanya  akan enak :-)

Resepnya ku share disini sudah diterjemahkan secara bebas ya..

Pau Labu Kuning Mini / Mini Pumpkin Pau

Bahan A :
Campur jadi satu sesaat sebelum digunakan :
1 sdt instant yeast
50 ml air hangat

B :
200 gr tepung Pa instant
15 gr terigu
20 gr gula halus
15 gr shortening ( aku pake butter )

C :
120 gr labu kuning dikukus sampai matang, kemudian panas2 dihaluskan

For Filling :
600 gr labu kuning, kukus dengan kulitnya
80 gr gula caster
100 ml santan
1 sdt garam
30 gr butter, suhu ruang

Cara Membuat :
Filling :  Campur labu yg sudah dikukus dengan santan, haluskan dengan juicer. Tambahkan gula dan butter, masak dalam api sedang sampai mengental. Setelah dingin bentuk bulat menjadi 20 bagian

Kulitnya : campur bahan Bdalam mangkuk besar tambahkan bahan A, campur jadi satu sampai rata, tambahkan bahan C. Pindahkan ke meja , uleni adonan sampai menjadi lembut. Pindahkan kembali kedalam mangkuk. Tutup dnegan serbet. Biarkan mengembang selama 30 menit. Ambil adonan dan timbang menjadi 20 gram an. Jadi 20 buah. Bentuk bulat.

Untuk membentuk : ambil  satu adonan kemudian  leperkan. Masukkan bahan filling, bentuk bulat kembali. gunakan spatula untuk membentuk garisan seperti pumpkin. Letakkan dalam paper case. Biarkan kembali mengembang selama 30 menit

Kukus dalam dandang yg sudah dipanaskan, lapisi serbet tutupnya,  kukus selama 5 menit atau sampai  masak.




1 comment:

Anonymous said...

inipau emang enakbanget..egiiit.suamiku juga doyan teh :)
ukurannya kurang besar..ha.ha
makasih ya :_)