24 September 2012

Cream Cheese and Chocolate Cotton Cake

Ada undangan Open house, untuk buah tangan kubikin ini saja, lumayan juga tahap pengerjaanya,membakar kue nya pun lumayan  lama, karena oven nya cukup satu loyang karena saat dipanggang cake ini membungbung tinggi, kalau rak atas dipake juga bisa nempel dilangit2 adonan nya nanti.

Resep awal nya dari Majalah Sedap, hanya untuk bagian bawah yg coklat ku modif sendiri, untuk fillingnya memakai vla cream cheese.
Kebetulan juga ada satu buah kiwi dan buah peach kaleng untuk toppingnya.


Cream Cheese and Chocolate Cotton Cake

Bahan Topiing
200 gram buah peach kaleng, buang airnya tiriskan, potong serong.
1 uah kiw, beah jadi 2 iris tipis
4 buah ceri merah kering bagi 2
Bahan I:

65 gram mentega tawar
65 gram tepung terigu protein rendah
80 gram susu cair
100 gram cream cheese
5  kuning telur, kocok lepas
7 putih telur
1/4 sendok teh garam
125 gram gula pasir



Bahan II

65 gram tepung terigu protein rendah
65 gram mentega tawar
80 gram susu cair
2 sendok teh coklat bubuk van houten
7 kuning telur, kocok lepas
7putih telur
1/4 sendok teh garam
135 gram gula pasir

 Filling:

250 ml susu cair
100 gram cream cheese
25 gram gula pasir
35 gram tepung maizena dan 2 sendok makan air, larutkan
1 kuning telur

Cara Pengolahan :
1.Bahan I.panaskan mentega tawar sampai meleleh. Matikan api. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai kalis. Angkat.
2.Panaskan susu cair. Tambahkan cream cheese. Aduk sampai larut. Tuang ke kuning telur. Kocok rata.
3.Tuang sedikit – sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk sampai licin. Sisihkan.
4.Kocok putih telur, garam, sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
5.Masukkan 1/3 adonan putih telur kedalam adonan I, aduk rata secara aduk balik, setelah rata masukkan pada sisa adonan putih telur ) aduk rata, dengan mengaduk balik.
6.Tuang di loyang 22x22x4 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles.
7.Letakkan diloyang yang diberi sedikit air. Oven 45 menit dengan suhu 160 derajat Celsius.
8. Buat Bahan II dengan cara yang sama dengan bahan I
9.Filling, panaskan susu cair, cream cheese, dan gula pasir sampai larut. Masukkan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup-letup. Tambahkan kuning telur. Aduk rata.
10.Ambil selembar cake. Oles dengan bahan filling. Tumpuk dengan cake yang lain. Biarkan dingin.
11. Oles juga bagian atasnya dengan sisa vla untuk bagian atas, susun buah yg sudah dipotong diatasnya.




Tips :

1.Sebelum dicampur dengan putih telur, pastikan adonan kuning telur dalam keadaan dingin dahulu.
2. Air yang digunakan untuk au bain marie, sedikit saja dibagian dasar, agar kue tidak menjadi basah
3.letakkan isian filling dalam keadaaan panas agar menempel pada cake







1 comment:

Anonymous said...

slam knal mbak,

duuhh..liat cotton cake nya lembuuttt banget yah..bisa matang merata gitu.mau nanya mbak itu utk jumlah kutel & putel yg mbak pakai utk takaran itu (gram).mklum mbk aku pemula nih..jd msih amatir. biar gak gatot, jd percobaan pertama lebih safenya contek plek..plek..hehehe(alasan). gak mbak beneran kok..

tks bfore,
Yani