17 May 2013

Kue Lam ( Banjarmasin )

Kue Lam ( Banjarmasin )

Di Banjarmasin kue Lam ini biasa ditemukan saat pasar Ramadhan untuk sajian berbuka puasa, tapi sekarang ini bisa mudah ditemui sebagai makanan oleh2 khas Banjarmasin.

Kue Lam ini ada 2 jenis, yang dikukus dan yg versi bakar, dimana bahannya sama saja dari tepung, telur, santan, susu dan coklat. Dan yang versi bakar disebut keu lapis, pada akhirnya sekarang kedua nya disebut lapis lam.

Ini kali kedua saya bikin kue lam, yang kali ini khusus kubuat untuk tantangan Idfb, dan jujur aku suka kue ini karena kelembutannya dan legitnya.

Resep asli nya dari mbak Sari Ratna Harijani telah kuposting sebelumnya di http://daniar72.blogspot.com/2011/03/lapis-lam-khas-banjarmasin.html?m=1 resep dibawah ini sudah ku rubah sedikit dan ku konversi ke gram.



Kue Lam

Pewarna :
1 sdt coklat bubuk campur dengan 50 ml air panas, aduk rata sisihhkan

7 lembar daun pandan iris2 campur dengan 50 ml air hancurkan sengan blender, saring ambil airnya sisihkan.

Bahan

4 kuning telur
9 butir telur utuh
75 gram tepung terigu
200 gram gula pasir
100 ml sweatened milk ( susu kental manis )
250 ml santan kental

Caranya :
1. Panaskan dandang, siapkan loyang ukuran 7 x 20, oles dengan minyak goreng, lapisi bagian bawahnya dengan plastik bening.

2. Campur semua bahan diatas jadi satu menggunakan balon whisk sampai rata dan halus, kalau perlu disaring.

2. Bagi adonan menjadi 2 mangkuk, satu mangkuk tambahkan pandan, dan mangkuk adonan lain tambahkan coklat, aduk rata kembali.

3. Setelah dandang panas, masukkan loyang kedalamnya, biarkan loyang panas sebentar.

4. Tuangkan 1/4 cup ( 1 sd sayur ) adonan hijau kedalam loyang, bungkus tutup dandang dengan serbet, kukus selama 5 menit, kemudian tuang adonan coklat diatasnya, lakukan selang seling setiap 5 menit sampai adonan habis.
Setelah adonan habis teruakan mengukus selama 20 menit.

5. Matikan api, biarkan kue dingin dalam loyang, baru keluarkan dan potong sesuai selera.







No comments: