03 January 2014

Baklava ( step by step )


    


Yeaaaaa !!! Penasaranku untuk bikin sendiri baklava terbayar sudah, pernah beberapa kali makan baklava ,tapi mau bikin ga jadi2 padahal beli pistashio dah siap,  dan terlupakan begitu saja. Dan pistashionya dah berubah jadi yg lain hihihi

Baklava ... Apakah itu ? Menurut wikipedia :

  • Baklava is a rich, sweet pastry made of layers of filo pastry filled with chopped nuts and sweetened with syrup or honey. It is characteristic of the cuisines of the former Ottoman Empire, but is also found in Central and Southwest Asia. Wikipedia

  • Suatu hari awal2 tahun 2013 agaknya, dalam satu pertemuan temanku bawa aneka macam baklava dari Tunisia yg size nya kecil2, imut2, ya ampun enak bener apalagi yg Pistashio dari situlah terbayang2 dan niat bikin Baklava kembali menguat.



    Awal 2014, pagi hari bersiaplah aku ke
    dapur, mulai menimbang bahan,  bikin sirup, dan mengeluarkan pastry dari freezer, cek ulang resep, ternyata ohh ternyata itu puff pastry bukan Fillo pastry ok dech sirup dah jadi tinggalkan saja, berubah haluan nanggung mau nyari ke Supermarket juga mengingat jam makan ga lama lagi, masak saja dahulu, baru selesai zuhur nyetir dech ke SPM alhamdulillah ada Fillo pastrynya.

    Sore hari mulai ke dapur kembali,  oh ya minggu lalu beli pistashionya dikit aja mahal euyy 250 gram aja sampai 25 ringgit hampir 75 ribu, ngubek2 isi kulkas masih ada walnut dan almond ( biasa buat campuran untuk sarapan suami ) ok dech diputuskan dicampur aja, yup 3 macam kacang. Yang kubakar dulu bentaran aja sekitaran 5 menit disuhu 150 derajat, kemudian menggunakan chopper, diproses sampai agak kasar


    Bikinnya gampang saja ternyata, cuma kudu sabar dan cepat mengingat pastry takut keburu kering, dan tiap layer harus dioles butter cair.

    Untuk resepnya adaptasi dari link dibawah ini. 

    http://www.ultimate-guide-to-greek-food.com/baklava.html

    Karena menyesuaikan dengan ukuan loyang yg kupunya, 25 cm x 17 cm, pas sekali 1 fillo dibagi 2, jadi untuk resepku cukup pake 7 lembar, jadi 14 layers



    Baklava

    Bahan Sirup 
    150 ml air
    150 gram gula pasir
    1 batang kayu manis
    1 sdm madu
    1 sdm air lemon

    Cara membuat :
    Masak dalam api kecil gula  pasir ,air dan kayu manis sampai mendidih, kemudian masukkan madu dan lemon, masak terus sirup selama 15 menit. Kemudian sisihkan, biarkan dingin
    ( ada sebagian resep
    Yg menyiramkan sirup panas ke baklava yg keluar dari oven, aku memikih mendinginkan dahulu sirup baru disiramkan ke baklava panas)

    Filling :

    50 gram walnut
    50 gram almond
    50 gram pistashio
    1/2 sdt kayu manis bubuk
    50 gram gula pasir

    Cara Membuat
    Panggang sebentar kacang selama 5
    Menit dengan suhu 150 derajat, menggunakan chopper ptoses sampai menjadi butiran kasar, kemudian campur dengan gula pasir dan kayu manis, sisihkan.

    Untuk proses selanjutnya
    150-200 gram unsalted butter kemudian cairkan
    Fillo pastry, banyaknya sesuaikan ukuran loyang
    Karena menyesuaikan dengan ukuan loyang yg kupunya, 25 cm x 17 cm, pas sekali 1 fillo dibagi 2, jadi untuk resepku cukup pake 7 lembar, jadi 14 layers
    Kemudian siapkan Fillo Pastry, potong lebihkan sedikit dari ukuran loyang )

    Penyelesaian :

    1. Siapkan loyang, oles dengan butter cair, letakkan 1 layer fillo pastry, oles lagi dengan butter cair, sampai merata menggunakan kuas besar, tutup lagi denga 1 layer fillo pastry, oles lagi dengan butter cair sampai 3 layer dibuat hal yg sama.



    2. Taburkan kacang secara merata diatasnya, tutup dengan satu layer Fillo pastry, oles lagi dengan butter tutup lagi dengan fillo pastry lakukan sampai 3 layer dan tiap pastry dioles dengan butter seperti di no 1, kemudian taburkan kembali sisa kacang secara merata. Tutup  dengan sisa fillo pastry 8 layer, tiap layer dioles butter secara merata, kemudian potong bagian atasnya sesuai pola yg kita inginkan.






    3. Bakar dalam oven yg sudah dipanaskan suhu 170 derajat ( aku pake oven listrik jenis microwave combi oven, jadi suhu selalu dikurangkan dari yg seharusnya)  untuk membuat baklava ini menghabiskan  waktu di oven sekitaran 1 jam untuk kuning kecoklatan.
    4. Setelah, matang keluarkan dari oven dan tuang sampai merata sirup diatasnya. Biarkan meresap, aku pake cara menyimpan kembali loyang kedalam oven yg masih panas, sirup lebih cepat meresap, kemudian setelah dingin, potong mengikuti pola yg sudah dibuat, hidangkan.
    ( Lebih sedap lagi disimpan dikulkas dan dinikmati keesokan hari nya ) dan tetap crispy ternyata.























    1 comment:

    Anonymous said...

    Beli fillo pastry nya dimana?