04 January 2014

Daging saus mentega



Waktu mudik ke Bdg Desember kemarin itu, disalah satu restoran saat makan siang, suami minta aku memilihkan menu untuknya, karena dia pemakan daging aku pilihkan daging saus mentega, dan ternyata dia suka, nah aku sisuruh nyicip, udah yakin pasti dirumah minta simasakin yg seperti itu :-)

Jadilah untuk makan siang ini aku coba bikin menurut versiku.
Dan kata suami huhuyy rasanya sama persis dengan yg dia rasa di Bdg ( achh masa iya  ya ? ) hihihi

Kebetulan aku nyetok rib eye, jadi bisa cepat matangnya, kalau daging lokal memang harus direbus lama sebelum dimasak yg lain.


Daging Saus Mentega

1/2 kg daging
( rib eye )potong sesui ukuran yg diingin kan, kemudian di iris tipis.
75 gram unsalted butter
1 buah bawang bombay ukuran besar, kupas, potong dua iris tipis
4 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
300 ml air panas
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 sdt tepung terigu campur dengan 1 sdm air

Cara Membuat

1. Panaskan wajan, cairkan butter, tumis bawang bombay sampai harum.
2. Masukkan potongan daging, aduk2 sampai daging berubah warna, tambahkan kecap manis, kecap inggris garam, merica dan pala aduk rata, tambahkan air, tutup wajan biarkan bumbu meresap kecilkan api.
3. Saat air tinggal sedikit, masukkan terigu yg sudah dicampur dengan air kedalam wajan, aduk rata dan biarkan sampai mendidih kembali.
4. Angkat dan hidangkan




No comments: