23 January 2014

Green Tea Cheese Tart




Saat di Kamboja sudah terbayang2 mau bikin green tea cheese tart ini, untuk partisipasi di Event NCC Cheese Culinary Week, setelah absen di event sebelumnya Chocolate Week karena pas mau laporan ternyata sedikit ribet, batal dech punya badge dari event sebelumnya.

Sebegai penggemar green tea dan cream cheese rasanya klop dech kalau bikin ini kebetulan stock cream cheese lumayan.

Resepnya ngga beda
jauh dari resep yg kuposting sebelumnya di

http://daniar72.blogspot.com/2013/12/blueberry-cheese-tart.html?m=1

Hanya untuk tepung terigu, kuambil 1 sendok teh dan kuganti dengan green tea bubuk. 

Green Tea Cheese Tart
dapur daniar

Bahan tart :

200 gr tepung terigu ( ambil 1 sdt )
1 sdt bubuk green tea
50 gram gula tepung
100 gr unsalted butter dingin, potong dadu
1 kuning telur, kocok lepas
2 sdm air es

20 biji cetakan pie
1 sdm margarin untuk olesan

Cara Membuat 
1. Campur tepung , kuning telur, gula halus, garam dan garam dan butter Aduk dengan dua buah garpu hingga adonan berbutir-butir sambil tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata dan tetap berbutir2

2. Satukan adonan dalam satu kepalan ( adonan harus tetap berbutir2  ini lah yg membuat adonan tart renyah )  adonan bisa disimpan dahulu di lemari es, atau dicetak langsung

3. Keluarkan adonan, siapkan cetakan tart, oles margarin, sisihkan.
Mulai menggilas adonan dan cetak bulat sesuai ukuran  cetakan tart, masukkan adonan dalam cetakan tart, rapihkan bagian atasnya, tusuk 2 bagian bawahnya dengan garpu.

4. Bakar dalam suhu oven 170-180 selama 15 menit ( oven listrik ) atau sampai tart nampak berubah warna 

5. Angkat dinginkan



Filling
150 gram cream cheese
2 sdm gula tepung
1 kuning telur
1/2 sdt Green tea bubuk untuk taburan

Cara membuat
1. Dalam mangkuk adonan , kocok cream cheese dan gula tepung sampai rata dan lembut ( bisa dicicip untuk tingkat kemanisan yg diinginkan )
2. Tambahkan kuning telur, kocok kembali sampai lembut dan rata.
3. Masukkan adonan ke piping bag, semprotkan kedalam kulit tart, taburi bubuk green tea diatasnya
4. Bakar kembali dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 5 menit, atau saat adonan cream cheese disentuh sudah tidak melekat dijari.
5. Biarkan dingin hidangkan, bisa disimpan dalam lemari es tahan 3 hari.

catatan :

Untuk mengocok cream cheese jangan menunggu cream cheese suhu ruang, saat kita tekan plastik pembungkus cream cheese sudah meninggalkan jejak, bisa langsung dikocok, cream cheese bisa dipotong2 dahulu, untuk mempercepat pengocokan.


3 comments:

Amallia Eka Widyastuti said...

wah enak banget nih...

xilla met said...

i luv it n eager to try.. thanks 4 sharing..

xilla met said...

i luv it n eager to try.. thanks 4 sharing..