15 June 2015

Caramel Cake

Caramel Cake
( Chiffon Caramel Cake )



Hampir sama dengan resep dipostingan sebelumnya, hanya untuk custard puddingnya, menggunakan campuran susu kental manis dan susu cair, jadi gula 50 gram diresep sudah cukup manis.


Caramel Pudding

75 gram gula pasir ( untuk caramel )

225 ml susu cair
50 ml susu kental manis
50 gram gula kastor
7  kuning telur ( 5 putih telurnya digunakan untuk chiffon cake di step berikutnya )
1 sdt parutan kulit lemon atau 1 sdt vanila

Caranya : 
1. Dalam loyang cake, panaskan gula sampai berwarna kuning keemasan dan gula  cair seluruhnya, ratakan dengan menggoyangkan loyang. Sisihkan biarkan dingin dan mengeras

2. Dalam mangkuk, campur susu cair, fresh cream, gula pasir dan kuning telur, aduk perlahan dengan balon whisk, sampai tercampur dan gula larut. Kemudian saring tambahkan parutan kulit lemon
( kalau pakai vanilla bisa dicampur sekalian, saya lebih suka parutan lemon dimasukkan setelah adonan disaring )
Masukkan adonan kedalam loyang berisi caramel. Sisihkan

Lanjut ke step berikutnya untuk bikin chiffon cake

Chiffon Cake :

Bahan :
125 gram terigu 
75 gram gula castor
2 kuning telur
100 ml susu cair
75 ml minyak goreng

B
5 Putih Telur 
50 gram gula pasir
Secubit garam



Caranya :

1. Dalam mangkuk, masukkan tepung secara  diayak, tambahkan gula pasir.
2. Masukkan  minyak goreng dan susu cair aduk perlahan sampai rata, kemudian masukkan kuning telur aduk rata menjadi adonan yg lembut sisihkan.
3. Kocok putih telur dan garam sampai berbuih, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai gula habis, dan kocok terus sampai adonan soft peak ( berbentuk kerucut tumpul ) 
4. Masukkan adonan putih telur  sedikit demi sedikit kedalam adonan A, dengan cara aduk balik menggunakan spatula, sampai adonan tercampur rata. 
Bagi adonan menjadi 2 bagian , satu beri warna pink aduk perlahan sampai warna tercampur rata, dan satu bagian tanpa pewarna.
5. Saatnya menggabungkan adonan puding dan cake 
6.  Siapkan loyang berisi adonan caramel pudding. Untuk membuat motif zebra, Masukkan 2 sdm adonan Pink diatas adonan caramel pudding, tepat ditengah2, kemudian masukkan 2 sdm lakukan terus sampai adonan habis.
7. Bakar dalam oven suhu 160 derajat selama 45 menit sampai cake matang ( tes tusuk ) jika adonan cake tidak melekat lagi dalam tusukan cake sudah matang,
8. keluarkan dari oven biarkan dingin dan pinggiran cake lepas sendiri dari loyang
9. Pindahkan ke piring alas. Cairan caramel nya bisa dituang diwadah lain, saat mau disajikan baru dituang.




Catatan :
Kalau ingin lebih banyak saus caramelnya, bisa bikin lagi terpisah, dengan mencairkan gula sesuai kebutuhan, setelah gula larut tambahkan air panas secukupnya, masak sampai mengental


12 June 2015

Perkedel Bakar

Ini bikinnya udah lama sih baru di upload disini. 

Sekarang2 kalau bikin perkedel lebih suka yg dibakar dioven, selain mulai mengurangi konsumsi minyak goreng bikinnya juga lebih cepat , sekali masuk oven sekai matang :-)

Daging bisa diganti dengan ayam, ikan atau udang. 

Sebentar lagi memasuki bulan puasa dan rasanya ini cocok buat menu sahur, makan begitu saja tanpa nasi paling bikin salad lagi. 



Perkedel Bakar

500 gram kentang kukus, haluskan
100 gram streaky beef, potong dadu kecil tumis sebentar dengan potongan bawang bombay
1 buah wortel, kupas, parut
2 butir telur
10 batang bawang daun, iris
5 batang daun seledri, iris
50 gram keju cheddar parut

Bumbu dihaluskan
Garam
Merica hitam butiran
Pala 
Bawang merah

Cara : 
Campur semua bahan sampai tercampur rata, bentuk bulat, tata dalam loyang, bakar dalam oven suhu 190 derajat sampai kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan





07 June 2015

Cake Caramel




2 kelembutan dalam satu cake 

Mengenal cake ini disekolah memasak , tapi untuk resep yg ku share disini sudah kurubah banyak begitu pula tekhniknya untuk bikin cake nya.

Saat membaca dan mempelajari resep cake ini kemudian mempraktekannya, cake ini adalah gabungan jenis chiffon cake dan atasnya caramel custard pudding , dan keduanya adalah cake yang kusuka. Jadi menikmati 2 jenis cake dalam sekali santap.

Selama bulan Mei aku sudah bikin 3 x.

Jangan dibayangkan bikin cake ini susah ya, gampang sebetulnya apalagi yg biasa atau pernah bikin chiffon cake dan caramel pudding ( caramel custard pudding ) Hanya gabungkan saja, dan ikuti langkah2nya.

Untuk cakenya, bisa di buat motif zebra atau marble atau polos saja.

Untuk custard puddingnya,  aku mencoba 4 bahan yg berbeda tapi yg paling cocok dan enak untukku adalah :
1. Campuran whip cream dan susu cair full cream 
2. Campuran susu kental manis dan susu cair full cream

Caramel Cake
( Chiffon dan caramel pudding cake )
Loyang ukuran diameter 20 cm

Bahan :

Caramel Pudding

75 gram gula pasir ( untuk caramel )

200 ml susu cair
150 ml fresh cream ( whip cream )
100 gram gula pasir yg butirannya halus ( castor sugar )
7  kuning telur ( 5 putih telurnya digunakan untuk cake di step berikutnya )
1 sdt parutan kulit lemon atau Vanilla

Caranya : 
1. Dalam loyang cake, panaskan gula sampai berwarna kuning keemasan dan gula  cair seluruhnya, ratakan dengan menggoyangkan loyang. Sisihkan biarkan dingin dan mengeras

2. Dalam mangkuk, campur susu cair, fresh cream, gula pasir dan kuning telur, aduk perlahan dengan balon whisk, sampai tercampur dan gula larut. Kemudian saring tambahkan parutan kulit lemon
( kalau pakai vanilla bisa dicampur sekalian, saya lebih suka parutan lemon dan dimasukkan setelah adonan disaring )
Masukkan adonan kedalam loyang berisi caramel. Sisihkan

Lanjut ke step berikutnya untuk bikin chiffon cake

Chiffon Cake :

Bahan :
125 gram terigu 
75 gram gula castor
2 kuning telur
100 ml susu cair
75 ml minyak goreng
B
5 Putih Telur 
50 gram gula pasir
Secubit garam



Caranya :

1. Dalam mangkuk, masukkan tepung secara  diayak, tambahkan gula pasir.
2. Masukkan  minyak goreng dan susu aduk perlahan sampai rata, kemudian masukkan kuning telur aduk menjadi adonan yg lembut sisihkan.
3. Kocok putih telur dan garam sampai berbuih, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai gula habis, dan kocok terus sampai adonan soft peak ( ketika dicolek dengan jari adonan berbentuk kerucut tumpul ) 
4. Masukkan adonan putih telur  sedikit demi sedikit kedalam adonan A, dengan cara aduk balik menggunakan spatula, sampai adonan tercampur rata. 
Bagi adonan menjadi 3 , beri warna coklat, warna hijau dan satu lagi tanpa pewarna.
5. Saatnya menggabungkan adonan puding dan cake 
6.  Siapkan loyang berisi adonan caramel pudding. Untuk membuat motif zebra, Masukkan 2 sem adonan hijau diatas adonan caramel pudding, tepat ditengah2, kemudian masukkan 2 sdm coklat diatas adonan hijau, kemudian masukkan 2 sdm adonan putih diatanya, lakukan terus sampai adonan habis.
7. Bakar dalam oven suhu 160 derajat selama 45 menit sampai cake matang ( tes tusuk ) jika adonan cake tidak melekat lagi dalam tusukan cake sudah matang,
8. keluarkan dari oven biarkan dingin dan pinggiran cake lepas sendiri dari loyang
9. Pindahkan ke piring alas. Cairan caramel nya bisa dituang diwadah lain, saat mau disajikan baru dituang.


Mencairkan gula pasir dalam loyang


Adonan puding

Adonan Cake 









03 June 2015

Asinan Kedongdong



Lagi banyak kedongdong kecil saat kepasar minggu lalu, terpikir bikin asinan, asinan paling enak dan segar setelah disimpan lama dikulkas, dan air dari buah bertambah banyak, tapi sebetulnya ga bisa lama2 juga sih, bawaannya pengen makan terus.  Dari 1 kg kedongdong ini dapat satu toples.



Asinan Kedongdong

1 kg kedongdong
200 gram cabe merah buang bijinya
150 gram gula pasir
1- 2 buah lemon, diperas ambil airnya( sesuai selera )
3 buah jeruk nipis, diperas ambil airnya
Secubit garam

Cara
1. Haluskan cabe merah dengan blender, masak dengan gula pasir sambil diaduk dan gula larut, masak sampai mendidih, angkat dinginkan, tambahkan perasan air lemon , jeruk nipis dan garam
2. Sementara menunggu dingin, kupas, kedongdong, siram air mengalir, potong sesuai selera.
3. Siapkan stoples atau tupperware, masukkan kedongdong dan siram saus diatasnya, aduk rata. Simpan di lemari es sampai siap disantap.


Foto diatas saat hari pertama, air tidak begitu banyak.


Foto ini diambil dihari ketiga, air yg keluar  2 x lipatnya. 




02 May 2015

Ketan Serundeng



Ketan serundeng ini resepnya sama dengan postingan sebelumnya, hanya dibuat lebih halus setelah matang dan dingin dihaluskan dengan blender. 


Ketan Serundeng 
by Rosdaniar

Bahan

200 gr beras ketan putih
1 lembar daun pandan
garam secukupnya
250 ml santan sedang ( tergantung jenis berasnya ketannya bisa dikurangkan atau dilebihkan santannya)

Bumbu serundeng :

30  gr cabe merah ( 2 biji )
10  gr bawang putih  ( 3 siung )
30  gr bawang merah ( 6 butir )
150 gr kelapa parut 
1 lembar daun jeruk buang tulangnya
1/2 sdt ketumbar
1 sdt garam
1 sdm gula merah cair
1 sdm gula pasir ( sesuai  selera )
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat :
1. Rendam dahulu beras ketan kurang lebih setengah jam, kemudian cuci bersih
2. Masak beras ketan dengan air santan dan sedikit garam , dalam api kecil sampai air asat, sambil sesekali diaduk
3. Kemudian kukus kurang lebih 1/2 jam atau sampai matang
4. Sementara mengukus, haluskan ketumbar, cabe, bawang merah, bawang putih dan garam
5. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yg sudah dihaluskan tadi sampai harum, tambah kelapa parut aduk2, tambahkan gula pasir dan gula merah cair juga daun jeruknya, masak sampai serundeng  kering.
6. Hidangkan Ketan dengan bumbu serundengnya.

01 May 2015

Crepes




Ini bukanlah miles crepes, ini kulit dadar biasa untuk bikin dadar gulung yg ditumpuk dan disiram ganache cokelat buat sarapan.
Biasanya, bikin dadar ini saat dalam wajan kutambahkan potongan pisang diatasnya, tapi kali ini dengan alasan biar fotogenit saat di foto hihihi, pisangnya hiasan diatas saja.

Dadar Ini saat di potong, tetap rapih menempel walau tanpa lapisan cream didalamnya, karena saat panas2 diangkat dari wajan langsung ditumpuk.

Dulu awal2 menikah pernah salah faham dengan keinginan suami, saat dia bilang minta pancakes aku buatkan pancakes yg tebal2 berongga itu aka American Pancakes ternyata bukan itu yg  dimaksud walau dimakan juga.
Gimana jadinya kalau kukasih pancakes versi saya alias surabi yg ditumpuk disiram kinca hihihih

Sampailah disuatu hari saat aku bikin kulit dadar gulung isi enten ( kelapa ) dia teriak "these pancakes !" same like Danish pancakes,  ceile akang ini mah kulit dadar gulung jawabku dalam hati 😄 

halahhh jadi ngebahas cerita
yuuk achhh ini mah resepnya gampang aja tadi pagi bikin :


1 cup penuh tepung terigu
2 cup susu cair full cream
1/4 sdt garam
1 butir telur
1 sdm muncung gula pasir
1 sdm muncung mentega asin

Caranya :
1. Campur tepung, gula, garam dan  susu cair aduk dengan whisker, masukkan telur aduk kembali sampai tercampur rata dan adonan halus tidak berbutir2 lagi 
2. Cairkan mentega dalam wajan kecil ( untuk ceplok telur ) tuang kedalam adonan
3. Tuang adonan kedalam wajan ( saya pakai sendok sayur ukuran kecil ) sampai bagian pinggirnya agak terlepas angkat 
4. Tumpuk crepes siram dengan ganache atau selai atau apapun kesukaan anda :-)

Jadi 40 lembar 

Kalau takut keenceran, tuang susunya 1 1/2 cup dulu, baru ditambahkan sisanya kemudian biasanya adonan suka mengental.




24 April 2015

Alergon Cookies

Tropicana Slim Alergon Cookies





Saya baru tahu ada produk kukis sehat Alergon Tropicana Slim, saat mudik bulan Maret kemarin, membaca komposisi bahannya penasaran dan tertarik untuk mencoba ,tepungnya menggunakan tepung beras putih dan tepung singkong yg bebas gluten, kelebihan lainnya, tanpa telur dan susu juga bebas gula pasir, katena menggunakan gula alami dari daun stevia. 


Kukis ini bisa dinikmati kapan saja, saat sore hari dengan segelas lemon tea, atau pagi hari saat memulai hari.

Bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dari mulai anak-anak, ibu hamil dan orang tua dan juga untuk orang yg punya alergi tertentu, seperti yg alergi terhadap susu, telur dan gluten. 




22 April 2015

Ayam ala Bunaken



Untuk masak ala Bunaken ini, untuk cumi basah saya lebih suka dimasak sampai asat , tapi kalau ayam lebih suka berkuah, rasanya perpaduan pedasnya rawit, segarnya tomat, wangi kemangi, serai dan daun jeruk yg menyatu, masaknya pun gampang tanpa acara menguleuk bumbu.



Bahan

1 Ekor ayam kampung (+/- 1 kg), cuci bersih potong kecil, lumuri garam dan air lemon, biarkan 15 menit, siram kembali dengan air, tiriskan.
15 butir bawang merah, kupas, cuci potong dadu
6 siung bawang putih, kupas, cuci, geprek
3 batang serai, ambil putihnya iris
5 buah cabe rawit ( sesuai selera ) iris halus
6 lembar daun jeruk, cuci, buang tulangnya, iris
200 gram tomat masak, cuci, potong dadu
6 batang daun bawang, cuci iris halus
50 gram kemangi, siangi, siram denga air mengalir.
2 gelas air
1 sdt garam 
Cara :
1. Didihkan air dalam panci, masukkan ayam dan semua bumbu, kecuali kemangi dan daung bawang.
2. Masak sampai ayam lunak, angkat dari api masukkan daun bawang dan kemangi dan siap untuk dihidangkan.


Nutrisari W-dank Bajigur

Nutrisari W-dank Bajigur



Sebagai orang Sunda, dilahirkan dan besar di Bandung, menikmati bajigur adalah bagian dari tradisi terutama di sore hari atau menjelang malam apalagi disaat musim hujan, betul-betul harus itu mah :-)

Tetapi sejak tinggal di negeri jiran ini yg sudah berlangsung hampir 7 tahun, kalau ingin menikmati bajigur, ya harus meracik sendiri, tapi saat mudik ke Bandung bulan Maret kemarin, eitsss melihat bajigur sachet produk Nutrisari, senangnya bukan main.



Sekarang ini ditempatku tinggal memang lagi sering hujan terutama di sore hari, saat tepat menikmati bajigur ini, yg tinggal diseduh air panas, dan dinikmati hangat2, suka banget nih bajigur ini manisnya pas harumnya juga mantep, gurih santannya terasa. 


20 April 2015

Roti Sarang Lebah



Dapat tantangan dari teman disini untuk bikin Roti yg lagi ngehits di Malaysia, Ini bikinnya udah dari bulan kemarin tapi karena sibuk kesana kemari baru sempat posting disini. 

 Roti Sarang Lebah, kalau melihat resep dan cara bikinnya ya seperti bikin roti manis biasa, hanya ada penambahan madu dan yoghurt, dan yg bikin enak banget saat menikmati roti ini adalah, saus karamelnya yg disiramkan diatas roti, resepnya hasil ngintip dari blog masam manis, silahkan selengkapnya meluncur kesana ya, ini bahasa nya sudah kurubah.



Roti Sarang Lebah 
Bahan : 
300 gram tepung high protein
200 gram tepung protein rendah
2 sdm susu bubuk
2 sdm madu 
1 butir telur 
250 ml  susu cair
6 gram yeast
40 gram  gula pasir
40 gram mentega tawar
1 sdm baking powder
2 sdm natural yogurt

Olesan

1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Taburan :

Kuaci, Wijen hitam, almon

Cara :
Saya Pake Bread Maker

1. Campur semua bahan jadi satu dalam mangkuk Bread Maker
2. Set dengan metode dough mengambil waktu 1 jam 30 menit. 30 menit untuk menguleni, 1 jam untuk proofing.
3. Setelah mengembang, keluarkan adonan dari BM, kempiskan. 
4. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil, timbang 40 gram. Dan susun dalam loyang diameter 22 cm

5. Biarkan mengembang kembali selama 25 menit.


6. Sapu adonan dengan bahan olesan, taburi dengan kuaci, wijen  dan almond


7. Bakar dalam suhu Oven 175 derajat sampai kuning keemasan +/- 25 menit, angkat kemudian sapu dengan butter agar mengkilat.
8. Setelah dingin siram dengan saus karamel

Bahan Karamel

50 gram metega tawar
100 gram palm sugar
100 ml krim kental
100 ml susu cair
secubit garam

Cara :
Lelehkan mentega, masukkan palm sugar, setelah berbuih, masukkan krim kental dan susu cair juga garam, masak dengan api kecil sambil diaduk perlahan, angkat.

13 April 2015

Pudding Karang



Pudding legit, campuran santan, gula merah dan telur, saat membuatnya menerbangkan kenangankunke masa SD. 

Sebelumnya pernah di share juga resepnya, ku share lagi disini.

Pudding Karang / Agar-agar gula merah

Bahan-bahan :

100 ml air
150 gram gula merah iris
Masak sampe gula larut, saring 

1 bungkus agar-agar bubuk putih
700 ml santan sedang
100 gram gula pasir
2 lembar daun pandan

1 butir telur kocok lepas

Cara Membuat
1. Siapkan cetakan agar2, basahi dengan air matang, agar mudah dilepas.

2. Siapkan panci, masukkan serbuk agar2, gula pasir dan santan aduk rata. Tambahkan cairan gula merah, dan daun pandan, nyalakan api sedang, masak sampai mendidih sambil diaduk agar adonan tidak pecah dan menggumpal, kecilkan api.

3. Ambil 3 sdm adonan campurkan kedalam kocokan telur, aduk rata, masukkan campuran tersebut kedalam panci sedikit demi sedikit sambil aduk perlahan dan adonan mendidih kembali.

4.Angkat dari api, buang daun pandanya, tuan adonan ke dalam loyang, biarkan sampai uapnya hilang, dinginkan




23 February 2015

Kue Lumpur Gurih

Kue lumpur yg gurih, dengan isian jamur shitake dan udang cincang  dimasak lada hitam ditambah lagi cabe rawit.

Teksturnya yg lembut dan rasanya yg gurih pedas pokonya jangan salahkan kalau susah untuk bethenti makan :-)


Kue Lumpur Gurih  ( udang dan jamur lada hitam )
Dapur daniar

Bahan isi 

100 gram udang cincang ( dari 250 gr udang ) 
100 gram jamur shitake, potong dadu kecil
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 potong bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
1/2 sdt merica hitam
1/4 sdt garam ( sesuai selera )
1 ruas jari jahe iris halus
2 sdm kecap manis
2 buah cabe rawit ( sesuai selera )
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :

1. Haluskan garam, merica hitam, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit 
2. Panaskan wajan berisi minyak goreng, tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis, tambakan irisan jahe.
3. Masukkan udang , aduk rata, tambakan jamur masak sampai jamur layu, tambahkan kecap manis, aduk rata tes rasa, jika sudah agak kering, matikan api, biarkan dingin 

Bahan Kue Lumpur

150 gram tepung terigu
2 butir telur
400 ml santan
1/2 sdt garam
1 ruas jari kunyit  dihaluskan atau  1/2 sdt kunyit bubuk
50 gram margarine cair
 
Cara membuat :

1. Masukkan tepung terigu kedalam mangkuk adonan, masukkan telur, tuangi santan aduk dengan whisker, tambahkan garam dan kunyit, masukkan margarine cair, saring adonan

2. Siapkan cetakan kue lumpur, olesi dengan minyak goreng, setelah panas masukkan 2 sd besar adonan, biarkan sebentar masukkan bahan isian ( bisa diberi tambahan irisan cabe merah)  tutup adonan, setelah bagian pinggirnya nampak mengering angkat kue, sajikan

Untuk 14 biji 

18 February 2015

Chiffon Cake Ubi


Chiffon Cake Ubi 
Sumber resep : sajian sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
100 gram ubi merah kukus, dihaluskan
60 gram santan kental instan
60 gram minyak goreng
150 gram tepung terigu protein rendah
75 gram gula pasir halus
5 kuning telur
50 gram kismis, dipotong 2 bagian ( saya ga pake )
5 putih telur
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh cream of tartar ( saya ga pake kuganti 1/2 sdm air lemon )
75 gram gula pasir
Cara Pengolahan :
Aduk rata labu kuning halus dan santan. Blender halus. Tambahkan minyak goreng. Aduk rata.
Tuang sedikit – sedikit ke campuran tepung terigu dan gula pasir halus sambil diaduk perlahan.
Masukkan kuning telur. Aduk rata. Tambahkan pewarna kuning tua. Aduk rata. Aduk rata. Sisihkan.
Kocok putih telur, garam, dan  lemon  sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
Tuang ke campuran tepung sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
Tuang di loyang chiffon diameter 18 cm tinggi 10 cm tanpa dioles.
Oven 55 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.

Untuk 16 potong 






17 February 2015

Ikan Pindang



Ikan Pindang

1 Ekor Ikan ukuran besar  ( ikan mujair, emas, red snapper atau kakap ) 

Bumbu Dihaluskan :
3 butir kemiri
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 ruas jari kunyit, bakar, kupas


Bahan lain :
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 batang serai
2 iris jahe
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 buah tomat hijau potong dadu
4 biji belimbing wuluh potong 2 bagian
2 mata asam jawa
1 cabe merah ukuran besar potong serong
1 cabe hijau besar, potong serong
Garam 1 sdt (secukupnya)
Gula 1/2 sdt (secukupnya)
1/4 sdt merica bubuk
3 sdm kecap manis
Air matang 400 ml


Cara Membuat :
1. bersihkan ikan buang sisik dan isi perutnya, siram dengan air mengalir sisihkan.
2. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, dalam api kecil, tambahkan jahe dan serai aduk rata.
3. Masukkan Ikan, masukkan air, tutup wajan , biarkan sampai mendidih.
5. Tambahkan gula, garam, merica, asam dan kecap manis, aduk rata.
6. Biarkan sampai air tinggal sedikit.
7. Terakhir masukkan potongan tomat, cabe hijau, cabe merah dan belimbing wuluh, masak sebentar saja.
8. Angkat dan hidangkan.

09 February 2015

Sambal


Udang Santan Nanas


Masakan simple tapi enak selera juga sih heheh
Manisnya udang berpadu dengan gurihnya santan dan segarnya nanasdan sedikit pedas dari cabe rawit dan warna kuningnya kunyit. 
Selain udang kepiting juga cocok dimasak seperti ini.

Udang Masak Santan Nanas

10 ekor udang ukuran besar, bersihkan, kerat bagian punggungnya buang kotorannya, gunting bagian tajam diekornya dan diatas kepalanya.
1/2 buah nanas, kupas dan potong dadu
3 buah cabe rawit ( sesuai selera )
1 ruas jari kunyit, kupas
1/2 sdt garam ( sesuai selera )
300 ml santan sedang

Caranya :
1. Haluskan kunyit, cabe rawit dan garam
2. Dalam wajan, masak santan dengan api sedang, sambil diaduk perlahan agar santan tidak pecah, setelah mendidih, masukkan bumbu yg sudah dihaluskan, aduk kembali, masukkan udang, masak sebentar saja agar udang tidak keras, sesaat sebelum api dimatikan, masukkan potongan nanas

08 February 2015

Beef Mushroom Stroganoff



Request akang kemarin, dulu waktu pertama bikin ini nyontek dari kemasan sour cream, selanjutnya terserah sesuaikan selera kita aja hehehe

Cocok disajikan dengan mashed potato, atau fettucini.

Beef and Mushroom Stroganoff

Bahan
400 gr daging, iris tipis rebus dengan 200 ml air, setelah airnya tinggal sedikit, angkat panci dari api
150 gr Champignon ( jamur kancing ) iris tipis
1 buah bawang bombay, kupas, potong dua rajang halus
Paprika secukupnya, potong sesuai selera
2 sdm saus mustard
150 gram sour cream
Garam dan merica secukupnya
1 sdm air lemon
3 sdm butter

Cara :
1. Panaskan wajan, tumis bawang bombay sampai harum, tambahkan potongan jamur masak sampai jamur kecoklatan dan matang, masukkan paprika aduk rata. 
2. Masukkan daging dan air kaldunya, kalau perlu tambahkan sedikit air panas, aduk rata tambahkan garam dan merica, masukkan saus mustard, masak sampai kuah mendidih, matikan api masukkan sour cream dan air lemon, aduk rata, sajikan.


Catatan rahasia : ssttt kalau aku mau ikut makan ini, suka kutambahkan 2 sdm kecap manis Abc ,  lidah Indonesia takan berubah hahahaaa

29 January 2015

Sarden Masak Saus Tomat


Tidak ada yg lebih menenangkan dan menyenangkan  selain "menjalani, menikmati dan mensyukuri" 
alhamdulillah sering ketemu ikan segar, dari mempelajari, mengamati dan suka ngobrol sama nelayan, setelah hampir 7 thn tinggal di Langkawi, yg memang dekat ke laut, untuk beberapa jenis ikan ada musimnya seperti hal nya musim buah. 
Nah ikan yg kecil2, seperti sarden ( sardine ) ini lagi musim sekarang2. Selalu banyak saat kepasar. Jadi pas kepasar liat ikan yg terpikir dibuat saus tomat tapi ada pedas2nya dikit.
Bikinnya cepat dan dimasak tanpa minyak goreng, biasanya kalau buat saus tomat seperti ini, tomatnya suka kumasak dalam air mendidih sebentar, dan buang kulitnya ( seperti masak untuk saus pasta )
Tapi kali ini pengen cepet jadi di haluskan semua saja di blender.

Ikan ini masaknya 3 hari lalu jadi tinggal gambarnya aja heheh.

Ikan Sarden Saus Tomat

1/2 kg ikan siangi, ( buang isi perutnya, siram dengan air mengalir )

Bumbu Haluskan :
250 gram tomat merah
15 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabe keriting
1/2 sdt garam ( sesuai selera )
1/4 sdt gula pasir ( sesuai selera )

Caram membuat :

1. Setelah bumbu halus, masak dalam wajan tanpa minya goreng, masak dengan api kecil sampai bumbu mendidih.
2. Masukkan Ikan yg sudah dibersihkan tadi, tutup wajan, masak sampai bumbu agak asat. Jangan lupa untuk mengetes rasa.
3. Angkat sajikan 

Sengaja aku bikin tanpa tambahan serai, jahe, lengkuas dan salam, karena pingin betul2 hanya simple rasa saus tomat segar.




22 January 2015

Cheese Caramel Pudding







Alhamdullillah, dapur sudah boleh ngebul setelah renovasi, sambil nyoba oven baru  bikin Cheese Caramel Pudding 

Cheese Caramel Puding
sumber majalah sedap


Bahan Karamel :
200 gr gula pasir 
100 ml air panas

Bahan Puding :
150 gr cream cheese suhu ruang 
100 ml susu kental manis 
200 ml susu cair full cream
3 butir telur
1 sdt kulit lemon
50 gr gula pasir
¼ sdt garam


Cara membuatnya :

Karamel 
Taruh gula pasir dalam panci kecil, biarkan gula larut masukkan air panas aduk sampai rata 

Tuang 1 ½ sdm karamel pada mangkuk kecil tahan panas ya sudah dioles 
margarin


Puding : 
Masukkan dalam blender cream cheese, susu kental manis, susu cair , telur, gula, garam, vanila dan parutan lemon. Proses sampai semua tercampur rata

Tuang kedalam mangkuk tahan panas yg berisi karamel

 Letakkan mangkuk diatas loyang berisi air panas . Bakar selama 1 jam suhu 160 derajat sampai masak