03 June 2015

Asinan Kedongdong



Lagi banyak kedongdong kecil saat kepasar minggu lalu, terpikir bikin asinan, asinan paling enak dan segar setelah disimpan lama dikulkas, dan air dari buah bertambah banyak, tapi sebetulnya ga bisa lama2 juga sih, bawaannya pengen makan terus.  Dari 1 kg kedongdong ini dapat satu toples.



Asinan Kedongdong

1 kg kedongdong
200 gram cabe merah buang bijinya
150 gram gula pasir
1- 2 buah lemon, diperas ambil airnya( sesuai selera )
3 buah jeruk nipis, diperas ambil airnya
Secubit garam

Cara
1. Haluskan cabe merah dengan blender, masak dengan gula pasir sambil diaduk dan gula larut, masak sampai mendidih, angkat dinginkan, tambahkan perasan air lemon , jeruk nipis dan garam
2. Sementara menunggu dingin, kupas, kedongdong, siram air mengalir, potong sesuai selera.
3. Siapkan stoples atau tupperware, masukkan kedongdong dan siram saus diatasnya, aduk rata. Simpan di lemari es sampai siap disantap.


Foto diatas saat hari pertama, air tidak begitu banyak.


Foto ini diambil dihari ketiga, air yg keluar  2 x lipatnya. 




1 comment:

cornel marulaktumanggor said...

terima kasih informasinya gan.....
jangan lupa berkunjung ke website saya http://nonbok.com/